Meriahkan HUT Kemerdekaan dan HUT Desa Permu Bawah adakan Liwetan Massal 300 M

  • Bagikan
liwetan massal desa permu bawah kepahiang bengkulu 20 agustus 2020
Kepala Desa Permu Bawah dan Kapolsek Kepahiang ( foto AG/CR)

Liwetan Massal Tahun Ini Lebih Panjang dari Tahun Sebelumnya

liwetan massal desa permu bawah kepahiang bengkulu 20 agustus 2020
Foto Dok AG/CR

Kepahiang — Kamis, (20/8/20) untuk yang kedua kalinya Desa Permu Bawah Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu mengadakan liwetan massal. Meski digelar dalam situasi Pandemi tapi Lebih Meriah dan lebih panjang.

Tahun ini Desa Permu Bawah mengadakan liwetan massal sepanjang 300 meter, lebih panjang dari tahun sebelumnya. Ngeliwet dan Doa bersama yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75 sekaligus HUT Desa Permu Bawah yang memasuki tahun ke 8. Tak hanya liwetan massal saja, acara tersebut juga dimeriahkan dengan aksi rebutan gunung sayur dan buah-buahan.

tumpukan sayur dan buah menyerupai gunung
Foto dok AG/CR

Pukul 08.00 WIB, Jalan seputar pemukiman warga Desa Permu Bawah sudah mulai dibentangi terpal berlapis daun pisang yang tersusun rapi. Nampak jajaran Perangkat Desa sudah terlebih dahulu merapatkan barisannya kemudian Panitia mulai menghidangkan nasi dengan lauk pauk yang sederhana.

Baca Juga :  Sering Direndahkan Jadi Alasan Pelaku Nekat Membunuh Korban

Seluruh warga Desa Permu Bawah Mulai berbondong-bondong mendatangi lokasi dari balita hingga dewasa untuk ikut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan ini. Kegiatan yang diawali dengan Menyayikan Lagu Indonesia Raya , Doa Bersama dan pemotongan tumpeng yang berhiaskan Bendera Merah Putih.

pemotongan tumpeng acara liwetan massal desa permu bawah 20 agustus 2020
foto Dok AG/CR

Bukan sebatas ngeliwet massal saja, dari pantauan Cakrawalarafflesia dilokasi. Tepat di tengah-tengah barisan peserta, Jajaran panitia dan Pemdes juga menyiapkan sayuran dan buah-buahan yang disusun dan dihias menyerupai sebuah gunung dengan ketinggian 2,5 meter dan dilengkapi dengan sebuah bendera berukuran sedang untuk dikonsumsi peserta liwetan massal ini.

Yang paling menarik, Tumpukan sayur dan buah tersebut tidak dibagikan langsung kepada masyarakat. Melainkan diambil secara rebutan oleh masyarakat desa setempat.

Baca Juga :  Rekonstruksi Pembunuhan Karyawan SPBU Kepahiang

” Tahun Ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan pada tahun ini panitia juga membuat gunung sayur dan buah untuk diperebutkan,” Terang Kades Permu Bawah Amansyah M.Ikom

Dikatakan Kepala Desa Permu Bawah pada tahun ini peserta liwetan massal diikuti sekitar 450 peserta yang seluruhnya merupakan masyarakat Desa Permu Bawah.

“3 Poin penting dalam kegiatan ini, memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Ulang Tahun Desa, Doa dan makan bersama dan yang terpenting adalah menjalin silaturahmi,” Tutup Amansyah.

Kegiatan Liwetan massal yang diselenggarakan terpantau tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan juga menyediakan tempat cuci tangan.


[AG]

  • Bagikan