Kalimantan Selatan Jadi Zona Merah Terbanyak

  • Bagikan
370d8535 covid

Nasional — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat provinsi Kalimantan Selatan menjadi penyumbang terbanyak zona merah pada pekan ini. Berdasarkan hasil analisis mingguan per tanggal 16 Agustus, ada enam zona merah di Kalsel.

Secara nasional ada 29 zona merah covid-19 di mana 6 di antaranya ada di Kalsel.

Keenam zona merah di Kalsel tersebut adalah Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada pekan lalu, zona merah di Kalsel juga tercatat sebanyak enam daerah, yaitu, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin.

Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut telah berpindah dari zona merah menjadi zona oranye. Namun perpindahan dari zona oranye ke zona merah juga terjadi untuk Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Sehingga selama dua pekan, Provinsi Kalsel mencatat enam daerah zona merah. Kalsel juga merupakan provinsi dengan zona merah terbanyak selama dua pekan.

Baca Juga :  Mahfud MD Dapatkan Info Ada Pelatihan Anak Muda untuk Teror VVIP

Berdasarkan laporan harian Satgas Covid-19 Rabu (18/8), Provinsi Kalsel mencatat kasus positif sebanyak 7.363 kasus. Dari jumlah tersebut, 4.726 dinyatakan sembuh, dan 326 meninggal dunia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya pernah memerintahkan jajarannya untuk fokus menangani kasus Covid-19 di delapan provinsi, salah satunya adalah Provinsi Kalsel.

Dalam rapat terbatas 13 Juli lalu, ia meminta agar pengendalian kasus di delapan provinsi dilakukan dengan cara 3T, testing, tracing, dan treatment.

“Di bidang kesehatan saya ingatkan sekali lagi memberikan perhatian, memberikan prioritas penanganan, di delapan provinsi,” kata Jokowi.

Selain Kalsel, provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Jumlah kumulatif kasus positif di Indonesia per Rabu (19/8) tercatat 144.945 kasus, dari jumlah itu 98.657 dinyatakan sembuh, dan 6.346 dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga :  PPKM Jawa Bali Jilid II Mulai Berlaku Hari Ini

Daftar 29 daerah yang masuk zona merah Covid-19 per 16 Agustus:

Aceh
1. Aceh Selatan
2. Aceh Besar

Sumatera Utara
3. Deli Serdang
4. Dairi
5. Kota Medan
6. Kota Binjai

Kepulauan Riau
7. Kota Tanjungpinang

Sumatera Selatan
8. Kota Lubuklinggau

DKI Jakarta
9. Jakarta Barat
10. Jakarta Pusat
11. Jakarta Utara

Jawa Barat
12. Kota Depok

Jawa Timur
13. Kota Surabaya
14. Sidoarjo

Kalimantan Selatan
15. Banjar
16. Hulu Sungai Tengah
17. Tanah Bumbu
18. Kotabaru
19. Barito Kuala
20. Kota Banjarmasin

Kalimantan Tengah
21. Barito Timur
22. Kota Palangkaraya

Kalimantan Timur
23. Kota Samarinda
24. Kota Balikpapan

Bali
25. Karangasem

Gorontalo
26. Gorontalo

Sulawesi Utara
27. Kota Bitung

Sulawesi Selatan
28. Gowa

Maluku
29. Kota Ambon


(CNNIndonesiamln/sur)

  • Bagikan