Cara Membedakan Uang Asli Rp 75 Ribu Dan Ciri Yang Palsu

  • Bagikan
5d304497 5f3a11bf5c039 1

Uang Rp 75.000 Edisi Khusus Dilengkapi Pengaman yang Sulit Dipalsukan

Nasional — Bank Indonesia menerbitkan uang rupiah khusus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.

Uang rupiah khusus yang diterbitkan Bank Indonesia adalah uang lembaran Rp 75.000.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, uang edisi khusus untuk memperingati kemerdekaan ke-75 RI ini dilengkapi unsur pengaman, sehingga pemalsuan uang menjadi semakin sulit.

“Ini sudah dilengkapi unsur pengaman teknologi tinggi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar rupiah semakin dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman digunakan, dan lebih sulit dipalsukan,” kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Dia menuturkan, inovasi tersebut terus dilakukan secara berkala dan terencana. Tujuannya untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan sebagai simbol kedaulatan NKRI.

Adapun pengeluaran dan pengedaran uang peringatan kemerdekaan merupakan bagian dari pencetakan uang tahun anggaran tahun 2020, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Juga dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelola pada undang-undang mata uang. Perencanaan telah dimulai sejak 2018,” sebut Perry.

Sebelumnya, Bank Indonesia juga telah mengeluarkan beberapa seri uang rupiah khusus.

Misalnya pada seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda dan gambar belakang burung cenderawasih.

Baca Juga :  Ragam TPS Unik Pilkada 2020

Uang tersebut dibuat dengan bahan logam perak kadar 1000/1000 dengan berat 8 gram serta diameter 26 milimeter.

Selain itu, dengan seri serta bahan yang sama, BI juga pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda serta gambar belakang arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang, Malang.

Uang seri yang sama juga dibuat dengan bahan logam emas kadar 900/1000.

Adapun pada seri 50 tahun Kemerdekaan Indonesia, BI juga pernah merilis uang rupiah logam khusus dengan gambar belakang Presiden Soeharto.

Pada uang tersebut, terdapat 50 bintang yang melingkari gambar utama serta teks melingkar bertuliskan “LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA”. Uang tersebut dibuat dengan bahan logam emas kadar 23 karat serta memiliki berat 50 gram.

Cara Bedakan Uang Asli Pecahan Rp75 Ribu dan Ciri yang Palsu

Bank Indonesia (BI) membeberkan beberapa cara untuk membedakan antara uang baru Rp75 ribu asli dan ciri yang membedakan dari uang palsu.

Secara umum, ada beberapa ciri yang dapat dijadikan pedoman dalam memastikan uang yang di tangan Anda merupakan uang asli keluaran BI. 

Yang pertama, di bagian muka terdapat gambar utama pahlawan nasional Ir. Soekarno beserta Drs. Mohammad Hatta.

Baca Juga :  Silaturahmi KAMI Jatim Batal Digelar

Kedua, gambar bunga Anggrek Bulan yang ada di dalam berisi logo BI dapat berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis bila dilihat dari sudut pandang berbeda.

Ketiga, hasil cetakan terasa kasar bila diraba pada bagian utama pahlawan, juga terdapat nominal tujuh puluh ribu rupiah (Rp75 ribu) pada sisi muka uang.

Keempat, tanda air berupa pasangan proklamator RI dapat dilihat secara utuh jika diterawang ke arah cahaya.

Kelima,  gambar saling mengisi (rectoverso) dari logo BI yang dapat dilihat secara utuh bila diterawang ke arah cahaya.
Keenam, jika dicek dengan sinar ultraviolet, hasil cetak akan memendar dalam satu warna atau lebih.

Sementara, untuk bagian belakang uang, akan tampak kombinasi nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka.

“Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian (gambar) anak Indonesia, peta Indonesia dalam bola dunia dan tulisan,” seperti dikutip dari rilis resmi BI, Senin (17/8).

Lalu, tanda air berupa gambar pasangan Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang.
Masyarakat juga dianjurkan untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang aru Rp75 ribu dari yang palsu lewat media komunikasi dan edukasi yang dapat diunduh melalui situs BI atau tautan https://pintar.bi.go.id.

[CNNIndonesia|Kompas]

  • Bagikan