Sangat Inspiratif, Warga Desa di Kalteng Sulap Wajan Jadi Alat Penerima Sinyal Internet

  • Bagikan
3ba05f6d wajan penerima sinyal 1

Kalteng — Upaya yang dilakukan Ahmad Paiz (45) patut diakui jempol. Pasalnya, warga Desa Rantau Bakiyang, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini menyulap wajan menjadi antena penerima sinyal internet.

Wajan yang bisa digunakan untuk memasak itu dirakit dan dipasang di atas bangunan sarang burung walet. Hal ini dilakukan untuk membantu para siswa yang kesulitan dalam proses belajar mengajar dengan sistem daring saat masa pandemi Covid-19.

Maklum, desanya yang terpencil dan terletak di daerah pedalaman ini sehingga memaksanya untuk memutar otak agar mendapatkan sinyal internet.

Baca Juga :  Jawaban tvN soal Tudingan Pakai Lagu Ardhito Tanpa Izin

Menurut Ahmad, alat yang digunakan untuk membuat antena sangatlah sederhana, dia hanya memerlukan wajan dan perangkat lain yang dibelinya melalui sistem online.

“Perelatan pakai wajan, dibuat seperti antena. kemudian membeli akses point itu beli lewat online. Kita di kampung kan di toko sana tidak ada yang jual,” kata Ahmad saat ditemui iNews, Sabtu (15/8/2020).

Alat penerima sinyal dari wajan yang dibuat oleh Ahmad warga Kalteng (Ade Sata/iNews)
Alat penerima sinyal dari wajan yang dibuat oleh Ahmad warga Kalteng (Ade Sata/iNews)

Usaha Ahmad inipun berhasil, para pelajar dan mahasiswa yang selama ini kesulitan belajar dengan sistem daring di masa pandemi Covid-19 kini dapat menikmatinya sinyal WiFi gratis.

Baca Juga :  Demokrat: RUU Ciptaker Akan Legalkan Perampasan Lahan Rakyat

Sementara itu, salah seorang mahasiswa bernama Mariza mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan ciptaan Ahmad.

“Tidak perlu lagi harus jauh-jauh mencari sinyal internet hingga ke perkebunan sawit atau keluar daerah desa yang memerlukan waktu lama dan biaya lebih tuturnya,” kata dia.

Untuk membantu masyarakat desa setempat yang membutuhkan sinyal internet, Ahmad juga melayani penjualan voucher WiFi dengan harga murah hanya Rp5.000. Hasil penjualan voucher digunakan Ahmad kembali untuk mengisi pulsa kouta internet di ponselnya agar WiFi internet terus berjalan.

Inews

  • Bagikan
Positive SSL