Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai Akhir 2020

  • Bagikan
Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai Akhir 2020
Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai Akhir 2020

Nasional — Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan diskon tagihan Listrik sebesar 100 persen kepada rumah tangga golongan 450 VA dan 50 persen bagi pelanggan 900 VA hingga Desember 2020. Sebelumnya Pemerintah hanya memberikan subsidi sampai bulan september.

Dikutip dari CNNIndonesia Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan keputusan tersebut diambil demi membantu masyarakat menghadapi tekanan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi covid-19.

Kami memutuskan untuk memperpanjang sampai akhir tahun untuk program ini,” ujar Rida dalam video conference, Selasa (11/8).

Baca Juga :  Cara Aktivasi dan Login Sirekap Pilkada 2020

Untuk melanjutkan kebijakan tersebut Rida mengatakan pemerintah juga memperbarui data pelanggan yang disasar dalam program stimulus berbentuk pembebasan dan diskon tarif listrik tersebut. Untuk golongan 450 VA , jumlah pelanggan yang disasar mencapai 24,6 juta pelanggan.

Sementara untuk golongan 900 VA, jumlah pelanggan yang disasar sebanyak 7,72 juta pelanggan.

Kami sudah bahas kira-kira anggaran yang kemudian diperlukan oleh pemerintah itu kurang lebih Rp12,18 triliun dan ini sudah kemarin disepakati di angka itu khususnya dengan Kementerian Keuangan,” jelas Rida.

Baca Juga :  DKI Larang Konvoi dan Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru

Rida menyampaikan, perpanjangan stimulus tersebut merupakan kedua kalinya yang dilakukan pemerintah setelah sebelumnya pemerintah memperpanjang bantuan tarif listrik dari tiga bulan menjadi enam bulan.

Kami melakukan evaluasi dengan pelaksanaan di lapangan yang kemudian kami dapat informasi bagaimana kesulitan program pemerintah ini dilakukan di lapangan, awalnya ada beberapa kendala tapi ada koordinasi dengan pemangku kepentingan alhamdulilah satu per satu kendala kami bisa lalui bersama,” pungkasnya.

Editor AG

(hrf/agt|CNNIndonesia)

  • Bagikan