DPKD Kepahiang Ajukan Payung Hukum Kearsipan

  • Bagikan
h muhdi kepala dinas perpusda kepahiang
h muhdi kepala dinas perpusda kepahiang

Kepahiang — Menjalankan Fungsi di Bidang Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kepahiang tengah mengajukan Perbup mengenai pelaksanaan kearsipan.

Meski sudah memiliki landasan hukum seperti UU no 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan PP no 28 Tahun 2004 tentang pelaksanaan Undang-undang kearsipan, menurut Kadis Perpusda H. Muhdi, M.Pd menjelaskan jika nantinya Perbup menjadi payung hukum bagi pihaknya untuk melaksanakan tupoksi kearsipan.

Seperti menyimpan surat atau dokumen yang disebut administrasi kearsipan yang merupakan kegiatan berkenaan dengan penerimaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan pemusnahan surat atau bermacam dokumen lainnya.

” Sudah ada landasan hukum seperti UU dan PP, namun mengenai pelaksanaan kearsipan yang menyasar seluruh OPD di Pemkab Kepahiang kita perlu payung hukum seperti Perbup. Ini sudah kita ajukan, Kami sudah berkoordinasi dengan bagian Hukum,” sampai H. Muhdi.

Baca Juga :  Honor Perangkat Agama Kabupaten Kepahiang Naik

Tidak hanya itu, tugas dan fungsi kearsipan daerah salah satunya adalah membina serta memberikan bimbingan teknis bagi pelaksana kearsipan OPD. Hal ini dalam rangka menjamin keselamatan arsip dan penyediaan kembali arsip dengan cepat ketika dibutuhkan.

“Keselamatan arsip menunjukkan kondisi arsip yang awet dan aman. Jika arsip selamat, tidak ada yang rusak, tidak ada yang hilang maka tentunya arsip dapat disediakan kembali jika dibutuhkan, kemudian sebagai bahan pertanggungjawaban bagi Pemkab tentang pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan daerah itu sendiri,” jelas H. Muhdi.

Lanjut H. Muhdi, mengenai pemusnahan arsip, mayoritas setiap OPD menempatkan arsip yang usianya bertahun-tahun disimpan di gudang. Dijelaskan ada sejumlah jenis arsip yakni arsip dinamis, arsip statis, arsip terjaga dan arsip umum.

Baca Juga :  40 Pasutri di Kabupaten Kepahiang Laksanakan Isbat Nikah Pada November

Arsip dinamis adalah arsip yang di gunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.

Arsip Statis yang dihasilkan oleh pencipta arsip dan memiliki nilai guna kesejarahan, telah abis reterensinya dan berketerangan dipermanenkan.

Arsip terjaga adalah arsip negara yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan, dan keselamatannya.

Arsip umum adalah arsip yang tidak termasuk dalam kategori arsip terjaga.

“Fungsi Bidang Kearsipan pada prinsipnya seperti melakukan bimtek pada OPD terkait dengan penyusunan arsip, kemudian mengenai pemusnahan arsip, banyak arsip disimpan digudang bertahun-tahun, ada mekanisme pemusnahan arsip,” Tutup H. Muhdi

Editor AG

[RK]

  • Bagikan