‘Adaptasi Kebiasaan Baru’ Polda Bengkulu Bentuk Kampung Berseri

Bengkulu — Kepolisian Daerah Bengkulu membentuk Kampung bersih, sehat, dan mandiri (Berseri) di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu sebagai sarana percontohan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Teguh Sarwonodia di Bengkulu, Kamis menjelaskan, pembentukan kampung berseri ini merupakan langkah Polri untuk membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19 yang telah memberikan dampak buruk pada berbagai sektor kehidupan.

“Ini salah satu wujud kepedulian dari masyarakat juga yang membantu pemerintah untuk membentuk kawasan yang produktif dan mandiri,” katanya saat meresmikan pembentukan Kampung Berseri di Kecamatan Kampung Melayu, Bengkulu.

Baca Juga :  Update Covid-19 Bengkulu : Kembali Bertambah 2 Kasus Positif

Teguh menambahkan, Kampung Berseri itu telah dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung dalam rangka pencegahan dan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

Kampung berseri ini memiliki fasilitas posko penanganan COVID-19, Poskamling, rumah isolasi untuk warga yang diduga terpapar COVID-19, apotik hidup, dapur hidup, taman, serta muara sungai yang bersih dan asri.

Kapolda Bengkulu berharap kampung berseri yang telah diresmikan ini bisa menjadi kampung percontohan bagi daerah lain terutama dalam hal menjaga stabilitas pangan dan menciptakan masyarakat yang disiplin dalam menjalani kehidupan di masa pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Kepala Daerah Diminta Berhenti Keliling Bagikan Bantuan Sembako Covid-19, Oleh DPRD

Alhamdulillah kampung Berseri ini sudah bagus karena sudah mencakup kriteria bersih, sehat dan mandiri dimana sudah ada rumah isolasi COVID-19, usaha masyarakat seperti pembuatan dan jual-beli ikan asin serta kerajinan kerang,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan diresmikannya kampung berseri ini merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Kota Bengkulu, Polda Bengkulu dan Korem 041 Gamas beserta jajarannya.

Baca Juga :  Tambah 1 Kasus Baru Covid-19 di Bengkulu , 1 Sembuh dan 1 Meninggal Dunia

“Ini kolaborasi TNI, Polri dan Pemkot Bengkulu dimana kita dapat energi baru dari Kapolda, Danrem dan jajaran yang memberikan perhatian untuk kampung ini dan ini hanya contoh kecil, nanti akan menular ke kampung lainnya,” ucapnya.

Dedy meyakini jika di tengah pandemi COVID-19 ini semua masyarakat mandiri dan semua kampung menyediakan sarana seperti di kampung berseri maka ke depan Kota Bengkulu akan semakin maju dan sejahtera.

Pewarta : Carminanda

Antara Bengkulu