Resep Idul Adha, Coba Buat Sup Janda Yuk Bunda

ResepJika pada umumnya orang-orang membuat sate atau semur saat mendapatkan daging kurban, kini saatnya Anda mengasah kreatifitas dengan membuat masakan lain. Kali ini, tidak ada salahnya jika Anda membuat sop janda.

Selain cara membuatnya yang tidak terlalu rumit, sop janda juga memiliki cita rasa pedas yang sesuai sama lidah orang Indonesia. Berikut resep dan cara membuat sop janda seperti yang sudah Okezone kutip dari akun Instagram @resep_ibu_mertua pada Rabu (29/7/2020).

Baca Juga :  Resep Tahu Gejrot Cirebon

Bahan-bahan:

– 1 kg iga sapi, potong sesuai selera

– 19 buah cabai rawit merah, haluskan

– 1 ons cabai rawit hijau untuk taburan

– 6 buah daun bawang, iris

– 8 lembar daun seledri, iris

– 1 sdt garam

– 2 sdm kaldu jamur

– 2,5 liter air

– 4 lembar daun salam

Bahan bumbu halus:

– 9 butir bawang merah

– 5 siung bawang putih

– 1 sdt lada bubuk

Cara membuat:

– Blansir iga sapi terlebih dahulu. Caranya rebus iga sapi di air mendidih selama 10 menit, lalu buang kotorannya, sisihkan.

Baca Juga :  Resep Olahan Daun Pepaya untuk Menu Harian di Rumah

– Dalam wajan terpisah, tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan sebagian daun bawang dan daun salam. Oseng hingga bumbu matang, lalu tuang ke dalam panci yang berisi iga tadi.

– Nyalakan kembali kompor dan panaskan panci berisi iga yang sudah diberi air. Masukkan garam, kaldu, jamur, rawit merah yang sudah dihaluskan, masak sampai iga empuk.

Baca Juga :  15 Resep masakan goreng tepung

– Sesaat sebelum kompor dimatikan, masukkan cabai rawit hijau, daun bawang, dan seledri. Sop janda pun siap disajikan bersama nasi putih.

Tips: Rebuslah iga sapi menggunakan metode 7-30-7. Rebus iga selama 7 menit di air mendidih, matikan api, tutup rapat panci, diamkan 30 menit, lalu rebus kembali selama 7 menit. Jika masih belum empuk, lakukan cara ini 2 kali, atau gunakan presto untuk hasil yang lebih cepat.

(DRM)

[Okezone]