Siswi SDIT IQRA I Kota Bengkulu Juarai Lomba Bercerita Tingkat Provinsi

Bengkulu — Prestasi gemilang ditorehkan pelajar sekolah dasar dari Kota Bengkulu, siswi tersebut ialah Syakirah Mawaddah yang merupakan pelajar SDIT IQRA I Kota Bengkulu. Ia berhasil meraih juara pertama pada lomba bercerita tingkat SD/MI Provinsi Bengkulu Tahun 2020 yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Selasa (28/7/2020).

Atas keberhasilannya, Syakirah Mawaddah akan mengikuti lomba bercerita ke tingkat nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, yang akan berlangsung pada September mendatang.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bengkulu Pusda Siti Junaini merasa bangga atas siswi didikannya meraih juara 1 lomba bercerita.

Baca Juga :  Kena Jambret, Warga Bentiring Rugi Rp 6 Juta

“Alhamdulillah Syakirah Mawaddah meraih juara I lomba bercerita tingkat Provinsi. Perjuangan selama ini tidak sia – sia dengan mempersiapkan Syakirah melalui beberapa pelatihan dalam waktu seminggu untuk mengikuti lomba ini dan hasilnya sangat memuaskan sekali karena ini sebagai perwakilan dari Kota Bengkulu,” ujar Siti.

Saat melihat anak muridnya menjuarai lomba bercerita, Pusda menceritakan proses awal ia melatih Syakirah.

01f5a108 img 20200728 wa0083 300x150 1

“Kita telah mendatangi beberapa sekolah untuk meminta siswa atau siswinya menjadi perwakilan Kota Bengkulu dalam lomba bercerita tingkat Provinsi, tetapi akibat proses belajar saat ini melalui daring jadi agak susah kita menemukannya. Dan akhirnya Syakirah yang bersedia untuk mengikuti lomba ini. Syakirah di uji dan di tes kemampuannya oleh pelatih selama seminggu sebelum mengikuti lomba ini. Dan setelah hasil uji dan tes kemampuan, Syakirah berhak dan layak untuk mengikuti diajang lomba bercerita di tingkat Provinsi,” jelas Siti.

Baca Juga :  Gubernur Bengkulu Ajak Anak Muda Bentuk Pola Pikir Produktif di Masa Pandemi

Selain itu, Siti sedikit bercerita selama membina Syakirah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bengkulu menggalang dana swadaya kepada pegawainya.

“Dari pembinaan hingga mengikuti lomba, kita gunakan dana swadaya dari pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip, hal ini karena semua dana telah di refocusing untuk penanganan Covid – 19,” tutur Siti.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Kabupaten Kepahiang Bertambah 14, Diantaranya ASN
5ea8d4cd img 20200728 wa0085 300x150 1

Lanjutnya, Siti berharap semoga Syakirah dapat menjadi juara mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba yang di selenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di jakarta. “ Harapan kita dia bisa meraih juara, sebelum berangkat kita akan kembali melatih dan meningkatkan kemampuannya. Insya Allah usaha tidak akan mengkhianati hasil,” demikian Siti.

Untuk diketahui, lomba bercerita tingkat provinsi diikuti 4 Kabupaten dan 1 Kota.

(Rilis/Media Center Kota Bengkulu)