Positif Covid-19 Bupati Ogan Ilir Nekat Jumpa Pers, Ini Kata PWI

Sumsel — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) angkat suara terkait tindakan Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam. Pasalnya, Ilyas menggelar jumpa pers dalam kondisi positif Covid-19.

Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar mengatakan, seharusnya Ilyas Panji Alam atau siapa saja yang telah dinyatakan positif Covid-19 memahami dan menyadari untuk melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga :  Update Covid-19 Bengkulu, 6 Kasus Positif Tambahan

“Seharusnya Bupati Ogan Ilir ini tahu bahwa posisinya sudah positif dan harus karantina mandiri. Jangan bertemu dengan banyak orang dulu. Apalagi menggelar konferensi pers dengan awak media,” kata Firdaus, Selasa (28/7/2020).

Firdaus menambahkan, apa yang dilakukan Ilyas ini berbahaya karena berpotensi menyebarkan Covid-19 ke sekitarnya.

“Karena bisa menulari orang lain di sekitarnya,” kata Firdaus.

Baca Juga :  Update Covid-19 Bengkulu : Kasus PDP Naik 4, 5 Reaktif Sembuh 12 Kasus

Firdaus juga menyayangkan aksi awak media yang hadir dalam konferensi pers Bupati Ogan Ilir tersebut, karena sangat beresiko tertular Covid-19.

“Untuk teman-teman wartawan juga seharusnya menyadari kesehatan adalah utama. Jangan sampai kita melakukan aktivitas apapun dengan Bupati Ogan Ilir yang sudah dinyatakan positif Covid-19,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam menggelar konfrensi pers di kediamannya, Senin (27/7/2020). Hal itu dilakukan untuk mengumumkan jika dirinya positif Covid-19.

Baca Juga :  Tukang Listrik Tersetrum, Jenazahnya tergantung Di Palembang

Ilyas diketahui terjangkit Covid-19 setelah melakukan swab di Rumah Sakit Bhayangkara. Sebelum tes swab, dia mengeluh demam dan diduga sakit tifus. Namun, saat hasil swab keluar ternyata dia positif Covid-19.

[inews.id]

editor AG