Oknum Camat Tolak Disumpah Saat Penuhi Panggilan Bawaslu Kepahiang

Kepahiang Oknum camat HE, Memenuhi panggilan Bawaslu Kabupaten Kepahiang, Senin (27/7/20) sekira pukul 15.45 WIB. Sebelum memberikan keterangan dihadapan petugas pemeriksa, HE menolak disumpah termasuk memberikan handphone miliknya.

“Saya bersedia memeberikan keterangan tapi tidak dengan bersumpah,” tegas HE.

Tak hanya itu, HE juga menolak saat tim pemeriksa meminta menghadirkan HP miliknya. HE beralasan jika HP miliknya berada di dalam mobil dan mobilnya pun saat itu tidak berada pada HE, meski demikian Bawaslu tetap melanjutkan pemeriksaan terhadap HE.

Baca Juga :  Pelepasan dan Pengantaran Tugas Kepala Kajari Kepahiang

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Rusman Sudarsono, SE tidak mempermasalahkan sikap HE, menurutnya seorang terperiksa di Bawaslu juga memiliki hak menolak memberi sumpah. Namum, keterangan HE tanpa disertai sumpah memiliki nilai kekuatan yang berkurang.

” Jika yang bersangkutan menolak memberikan sumpah, kami berhak juga tidak mempercayai pernyataan dan keterangan yang diberikannya, karena selain kekuatannya kurang tingkat kepercayaan kami terhadap keterangan itu juga lebih sedikit,” papar Rusman.

Baca Juga :  Sebelum Dilumpuhkan, Petani Ganja Nyaris Tebas Polisi

Dikutip dari Radarkepahiang, saat ditanya mengenai penolak HE memberikan HP Rusman juga tidak mempermasalahkannya, Namun, jika sewaktu waktu HP oknum camat dibutuhkan maka Bawaslu Kabupaten Kepahiang akan kembali meminta yang bersangkutan untuk menghadirkannya.

“Silahkan saja HE menolak, tapi sewaktu-waktu kami membutuhkannya tidak menutup kemungkinan kami akan meminta agar HP tersebut dihadirkan di depan tim pemeriksa Bawaslu,”.tutup Rusman

[RK]

Baca Juga :  Pemkab Kepahiang Pastikan Harga Sembako Stabil, Jelang Ramadan,

Editor AG