Gelombang Capai 6 Meter, BMKG Bengkulu Keluarkan Peringatan Dini

BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi, Fatmawati- Soekarno, Bengkulu mengeluarkan peringatan dini gelombang air laut 5,0 meter di perairan Bengkulu, dan 6,0 meter di perairan pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara dan di Samudera Hindia Barat Bengkulu, pada hari ini hingga dua hari ke depan.

Baca Juga :  Jadi Tempat Isolasi, Kantor Dinkes Kepahiang Ditutup

Forcaster BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Haris Syahid Hakim mengatakan, gelombang tinggi air laut dipengaruhi angin monsun dari Australia (angin timuran), yang cukup kencang. Sehingga menyebabkan gelombang laut tinggi.

Di mana gelombang tinggi ini, kata Haris, biasanya terjadi ketika musim kemarau seperti saat ini. Selain itu, gelombang tinggi akan beralih hingga sampai masuk musim penghujan (bulan September – Desember).

Baca Juga :  Bidan Puskesmas Asal Seluma Positif Covid-19 Meninggal Dunia

“Gelombang tinggi air laut dipengaruhi angin monsun dari Australia (angin timuran), yang cukup kencang,” kata Haris saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (28/7/2020).

Selama musim angin Monsun Australia ini terjadi, terang Haris, maka diprediksi akan tetap tetap ada peringatan dini gelombang tinggi. Selain itu, kata Haris, waspada angin kencang disepanjang pesisir Barat Bengkulu dan Pulau Enggano.

Baca Juga :  Update Covid-19 Bengkulu, 6 Kasus Positif Tambahan

“Selama musin angin monsum Australia ini terjadi maka diprediksi akan tetap ada peringatan dini gelombang tinggi,” pungkas Haris.

[Okezone] https://news.okezone.com/read/2020/07/28/340/2253274/gelombang-tinggi-capai-6-meter-bmkg-bengkulu-keluarkan-peringatan-dini

Editor AG