Hasil qualifikasi MotoGP Andalusia 2020, rossi start posisi 4

MotoGPPembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, bakal memulai balapan MotoGP Andalusia dari urutan empat.

Hal itu tidak lepas dari hasil kualifikasi MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Sabtu (25/6/2020) malam WIB.

Hasil kualifikasi MotoGP Andalusia kali ini tentu menjadi kabar baik bagi Rossi.

Sebab, Rossi sempat terseok sepanjang rangkaian seri pembuka MotoGP 2020, GP Spanyol, akhir pekan lalu yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez.

Pada sesi free practice (FP) atau latihan bebas pertama dan kedua GP Spanyol, Rossi selalu terlempar dari 10 besar bahkan sempat menempati urutan 20.

Baca Juga :  Marquez Hanya Targetkan Satu Balapan Lagi di MotoGP 2020

Catatan itu diperbaiki Rossi di MotoGP Andalusia. Rossi kali ini sukses menjadi pebalap tercepat kedua dalam daftar gabungan waktu FP1 dan FP2 MotoGP Andalusia.

Peningkatan serupa juga terjadi dari kualifikasi MotoGP Spanyol ke MotoGP Andalusia.

Pada MotoGP Spanyol, Rossi memulai balapan dari urutan 11. Kini, Rossi akan memulai MotoGP Andalusia dari baris kedua terdepan tepatnya urutan empat.

Sebelumnya, Rossi sudah menjelaskan faktor yang membuat dirinya bisa lebih cepat pada sesi FP1 dan FP2 MotoGP Andalusia.

Baca Juga :  Video : Momen Brad Binder Jatuh di FP 2 MotoGP San Marino 2020

Menurut Rossi, perubahan pilihan ban belakang menjadi medium adalah salah satu faktor kunci selain setelan motor.

“Seminggu yang lalu ( MotoGP Spanyol), setelah beberapa putaran kecepatan saya turun drastis. Tetapi sekarang tidak lagi begitu,” kata Valentino Rossi seusai mengikuti FP2 MotoGP Andalusia dikutip dari situs Tuttomotoriweb.

“Sekarang kecepatan saya bisa stabil. Ini tentu bagus untuk saya. Jika kami berhasil menggunakan ban yang sedikit lebih keras, kecepatan saya akan lebih baik,” ujar Rossi.

Pada balapan MotoGP Spanyol, Rossi menggunakan ban depan dan belakang soft.

Rossi saat itu gagal finis karena motornya mengalami masalah mekanik pada lap ke-19.

Baca Juga :  Hasil Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Austria

Seusai balapan MotoGP Spanyol, Rossi kerap mengeluhkan ban Michellin yang menurutnya cepat aus sehingga memengaruhi kecepatannya.

Dikutip dari situs Tuttomotoriweb, Rossi pada sesi FP1 dan FP2 MotoGP Andalusia memilih menggunakan ban belakang medium.

Ban belakang medium kemungkinan akan kembali menjadi pilihan Rossi pada balapan MotoGP Andalusia, Minggu (26/7/2020).

Valentino Rossi nantinya akan memulai balapan MotoGP Andalusia di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Maverick Vinales ( Monster Energy Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing).

AG