7 Cara Ternak Kenari, Mudah dan Bisa Dilakukan Dirumah

cakrawalarafflesia — Ada banyak hewan yang bisa kita ternakkan sendiri di rumah. Diantaranya adalah burung kenari. Perlu diketahui Burung kenari dikenal dan digemari oleh para pecinta burung karena keindahannya dan suara kicauannya yang merdu. Keindahan dan suara merdu itulah yang membuat burung kenari sudah menjadi hewan peliharaan mulai tahun 1400-an.

Sudah kita ketahui jika Burung kenari lebih banyak menghabiskan kebanyakan waktunya di dalam kandang. Oleh karena itu untuk Anda yang ingin ternak kenari sebaiknya siapkan kandang dengan ukuran yang besar agar mereka dapat terbang dalam kandang.

Burung kenari berasal dari pulau Canary yang masuk dalam negara Spanyol dan terletak di samudra Atlantik. Warna umum dari burung kenari adalah kuning. Tidak hanya kuning saja, ada pula warna merah-oranye, putih, merah muda, dan berbagai coklat. Dibandingkan dengan burung-burung kebanyakan, burung kenari merupakan burung dengan ukuran kecil tapi dapat hidup hingga 20 tahun.

Beternak Burung Kenari cukup menguntungkan, walaupun cenderung kenari termasuk burung individu tapi ketika musim kawin tiba, baik pejantan maupun betina akan sangat birahi untuk segera kawin. Hal ini disebabkan burung kenari jarang tertarik pada hal lain selain kawin. Untuk beternak kenari anda cukup memiliki satu pejantan dengan banyak betina, tidak perlu membeli banyak pasangan. Walaupun begitu ada juga pasangan burung kenari yang tidak berpisah alias setia pada satu pasangan saja.

Berikut cara ternak burung kenari dirangkum dari beberapa sumber :

7 Cara ternak kenari

1. Membedakan Jenis kelamin

39de947a cara membedakan kelamin kenari
cara membedakan jenis kelamin kenari. foto dok koranburung.blogspot.com

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung kenari? Untuk kalian yang pemula sebelum memulai beternak kenari baiknya kalian berlatih dahulu untuk membedakan mana jantan dan betina, berikut cara membedakannya

– Kenari Jantan :

  • Dubur pejantan menonjol, tegak lurus dan vertikal.
  • Suka berkicau dan bunyinya nyaring.
  • Bentuk badan cenderung ramping memanjang dan leher lebih panjang.

– Kenari Betina :

  • Dubur tidak menonjol namun datar.
  • Berkicau namun tidak sering dan tidak nyaring.
  • Bentuk tubuh cenderung bulat dan leher lebih pendek.

2. Mengetahui Siap Kawin Atau Belum

ternak kenari
Ciri kenari siap kawin. foto dok seputarburung.com

Selanjutnya Yang perlu kalian ketahui adalah apa burung kenari tersebut sudah siap kawin atau belum.

Ciri-ciri burung kenari yang sudah siap kawin :

– Kenari Jantan :

  • Kenari Sering berkicau.
  • Kenari Hiperaktif seperti sering melompat-lompat, mengepak-kepakkan sayap, bahkan terkadang sengaja menabrak jeruji kandang.

– Kenari Betina :

  • Kenari betina Suka mematuk-matuk apapun yang ada di dalam sangkar.
  • Sayap Kenari betina juga dikepak-kepakkan.

3. Mempersiapkan kandang

79f53531 kandang kenari
contoh kandang kenari. foto dok balekreatif.wordpress.com

Sudah dijelaskan diatas jika burung kenari membutuhkan ruang yang luas untuk terbang, maka pilihlah sangkar yang memungkinkan bagi kenari dapat terbang dari dahan ke dahan. Pada tahap awal, sebaiknya pisahkan dahulu antara kenari jantan dan betina. atau kalian dapat membuat sekat pada kandang. Dan Jangan Lupa menyiapkan tempat untuk makannya. beraneka macam makanan burung kenari banyak di jual di toko2 ternak. kalian dapat pilih sesuai dengan budget kalian. Sesekali selingi pakan burung kenari dengan buah-buahan dan telur rebus.

4. Memulai perjodohan burung kenari

1199a408 cara menjodohkan kenari 2
perjodohan kenari. foto dok okdogi.com

Sebelum ke proses perkawinan, kita harus memberikan waktu bagi kenari jantan untuk saling mengenal (perjodohan). Lantas bagaimana caranya ? caranya adalah dengan mendekatkan kandang keduanya. atau jika kandang sekat dapat kalian ubah sekatnya dengan jaring kawat. terdapat ciri-ciri kenari berjodoh, diantaranya burung kenari jantan akan menyuapi betiana meski berbeda kandang, dan kenari jantan akan lebih sering berkicau sebagai tanda menggoda kenari betina.

5. Proses perkawinan

185ba2ac cara mengawinkan kenari pasti berhasil 100
foto dokhartatani.blogspot.com

Jika sudah terlihat kenari jantan dan betina berjodoh, maka kalian dapat menggabungkan pejantan dan betina pada satu kandang. Perlu diingat, lakukan hal itu ketika sore hari ya. Setelah disatukan dalam satu kandang, perlu kalian perhatikan apakah kedua kenari tersebut saling menyuapi atau tidak. Jika iya artinya sebentar lagi mereka akan melakukan perkawinan. Biarkan keduanya dalam satu sangkar hingga pagi hari.

Setelah Pagi, pisahkan kembali keduanya diantara pukul 7-9 pagi. ketika sore hari satukan lagi keduanya dalam satu kandang hingga betina bertelur. Perlu diperhatikan jangan menjemur kenari betina yang sudah bertelur, karena dapat merusak telur kenari.

6. Proses pengeraman telur

10921594 burung kenari bertelur 1024x685 1
keanri mengerami telur. foto dok arenahewan.com

Saat proses pengeraman, biarkan kenari jantan dan kenari betina dalam satu kandang. hal ini bertujuan agar si betina tetap berada di sarang untuk mengerami telur. karena kenari jantan akan terus menyuapi kenari betina. Tapi, jika kalian memiliki lebih dari satu betia dapat kalian pisahkan pejantannya.

7. Penetasan telur

4a19f829 telur burung kenari
telur kenari menetas. fotot dok budidayakenari.com

Proses pengeraman sampai telur kenari menetas biasanya berlangsung selama 14 hari. selama itu juga kalian harus selalu menjaga kebersihan kandang serta rutin memberi makan dan minum jangan sampai kehabisan.

Demikian 7 Langkah ternak kenari yang dapat kalian lakukan dirumah.