Agusrin Puncaki Elektabilitas Hasil Survey Roda Tiga Konsultan

Bengkulu — Survei elektabilitas yang dilakukan Roda Tiga Konsultan menunjukkan elektabilitas tiga nama yaitu Agusrin M Najamudin, Rohidin Mersyah dan Helmi Hasan bersaing ketat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pilkada serentak 2020 mendatang.

Berdasarkan survei yang dilaksanakan dari 6-13 Juli lalu terhadap 810 responden dengan margin of eror 3,53 persen, menunjukkan puncak elektabilitas ditempati mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin sebesar 25,4 persen.

Kemudian menyusul Gubernur Bengkulu saat ini Rohidin Mersyah sebesar 19,3 persen dan Wali Kota Bengkulu dua periode Helmi Hasan sebesar 18,8 persen.

Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muhammad Taufiq Arif, Senin (20/07/2020) mengatakan, itu merupakan hasil simulasi pilihan tertutup dengan diberikan pilihan nama dan foto bakal calon gubernur dan dengan pertanyaan siapakah yang akan dipilih dalam Pilkada Provinsi Bengkulu 2020.

Baca Juga :  Ancam Video Syur Disebar, IRT Asal Bengkulu Lapor Polisi

Menurutnya, sebanyak 18,4 persen responden memilih Agusrin ketika simulasi terbuka tanpa diberikan nama dan foto bakal calon dengan pertanyaan siapakah yang akan dipilih dalam Pilkada Provinsi Bengkulu mendatang.

Sementara nama Rohidin justru turun ke posisi ketiga di bawah Helmi dalam simulasi terbuka ini dengan responden yang memilih Rohidin sebanyak 13,2 persen dan Helmi 14,8 persen.

“Dengan simulasi terbuka Agusrin tetap tertinggi. Perubahan justru dibawahnya yaitu Helmi diposisi kedua dan Rohidin diposisi ketiga,” jelasnya.

Taufiq menambahkan, survei ini juga menguji elektabilitas empat bakal calon dengan pertanyaan jika Pilkada Provinsi Bengkulu dilakukan hari ini siapakah yang akan dipilih yaitu Agusrin, Rohidin, Helmi dan Ahmad Hijazi yang merupakan Bupati Rejang Lebong.

Baca Juga :  Toko Emas Palsu di Bengkulu Sudah Beroperasi Lima Tahun

Dalam simulasi ini sebanyak 20,4 persen responden memilih Agusrin, 16,4 persen memilih Rohidin, 14,2 persen memilih Helmi, 0,7 persen memilih Hijazi dan sisanya 24,4 persen masih merahasiakan pilihan serta 23,8 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Sedangkan simulasi tiga bakal calon yaitu Agusrin, Rohidin dan Helmi sebanyak 22,0 persen responden memilih Agusrin, 16,4 persen Rohidin, 15,1 persen Helmi dan sisanya masih merahasiakan dan tidak menjawab.

Baca Juga :  5 Kali Gempa Susulan, Status Bengkulu Masih Bahaya Tinggi

Selanjutnya, simulasi dua bakal calon yaitu Agusrin dan Rohidin sebanyak 23,8 persen responden memilih Agusrin, 17,7 persen Rohidin dan sisanya masih rahasia dan tidak menjawab.

Begitu pula simulasi dua bakal calon antara Agusrin dan Helmi sebanyak 26,0 persen responden memilih Agusrin, 19,8 persen memilih Helmi dan sisanya masih merahasiakan atau tidak menjawab.

“Ketika simulasi dua bakal calon yaitu Helmi Hasan dan Rohidin Mersyah justru yang unggul itu Helmi Hasan dengan 23,9 persen dan Rohidin 17,1 persen,” demikian Taufiq.

[RK]

Editor AG