Ternak Nila Kolam Terpal

Ternak Nila Kolam Terpal

Apakah Anda sedang mencari peluang bisnis dengan keuntungan melimpah? Sebenarnya, banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda geluti, namun yang menghasilkan keuntungan melimpah tentunya tidak banyak jumlahnya. Nah, untuk Anda yang ingin menggeluti bisnis menguntungkan bisa memilih usaha ternak Nila kolam terpal.

Budidaya ikan Nila memiliki banyak keunggulan sehingga keuntungan yang akan didapatkan juga tidak main-main. Salah satu keunggulannya adalah modal yang sedikit, selain itu pangsa pasar ikan Nila sangat luas sehingga proses penjualan tidak akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba ternak ikan Nila dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah Ternak Nila Kolam Terpal

1. Menyiapkan kolam terpal

Gambar Kolam Terpal Nila
kompasiana.com

Membuat kolam terpal tidaklah sulit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika tidak ingin ribet dan meminimalisir kesalahan, Anda bisa membelinya secara langsung di toko perlengkapan ternak. Selain itu, dengan membeli kolam terpal jadi Anda bisa menghemat waktu dan menghemat biaya karena harga kolam terpal jadi cukup terjangkau.

Baca Juga :  OPPO Luncurkan Reno3 Pro

2. Benih ikan Nila

Gambar Bibit Nila
pusatbibitikanmurah.com

Setelah menyiapkan kolam terpal yang perlu Anda lakukan adalah membeli benih ikan Nila. Untuk mendapatkan benih ikan air tawar jenis ini sangatlah mudah, namun yang perlu Anda perhatikan adalah memilih benih yang berkualitas. Pastikan Anda memilih benih ikan Nila yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Gerakan lincah
• Ukuran sama
• Aktif
• Tidak cacat

3. Pengisian air

Langkah berikutnya adalah pengisian air kolam. Mengisi air kolam terpal tidak boleh dilakukan sembarangan, agar hasilnya panen memuaskan Anda harus mengukur kedalaman dan juga kandungan pH dalam air.

Untuk membudidayakan ikan Nila, kedalaman air kolam terbaik adalah sekitar 100 cm hingga 120 cm dengan pH 7 atau pH 8. Sementara itu, Anda juga harus menjaga suhu air agar tetap stabil pada tingkatan 25 hingga 30 derajat celcius.

Baca Juga :  Cara Ternak Lele | Mudah

4. Penyebaran benih

Gambar Penyebaran Bibit Ikan Nila
kaba12.co.id

Selanjutnya adalah penyebaran benih ikan Nila, namun sebelum proses ini berlangsung Anda harus menaburkan probiotik terlebih dahulu ke dalam kolam terpal.

Hal tersebut bertujuan agar proses pertumbuhan mikro organisme dalam kolam dapat dipercepat. Proses penumbuhan mikro organisme dalam kolam ikan terpal dapat memakan waktu 7 hari hingga 10 hari.

Setelah mikro organisme tumbuh dengan sempurna di dalam kolam, Anda bisa menaburkan benih ikan Nila secara bergantian sesuai dengan kapasitas kolam. Pastikan jumlah benih ikan Nila tidak melebihi kapasitas kolam agar pertumbuhan serta perkembangannya tidak terhambat.

5. Pemberian pakan

Gambar Pakan Bibit Ikan Nila
bukalapak.com

Anda tidak bisa langsung memberikan pakan pada ikan Nila begitu saja setelah penyebaran benih. Pemberian pakan dapat dilakukan setelah benih berusia 3 hari dalam kolam terpal pada pagi dan sore hari. Lakukan pemberian pakan secara rutin setiap hari pada waktu yang sama.

Penundaan pemberian makan bertujuan agar benih beradaptasi dengan tempat hidup yang baru dan memakan mikro organisme yang tumbuh di dalam kolam. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan azolla dan vitamin ikan lainnya ke dalam pakan sehingga perkembangan dan pertumbuhan ikan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Airy Tutup Lapak Akhir Mei, Dampak Pandemi Corona

6. Panen

Gambar Panen Ikan Nila
akurat.co

Hal terakhir dalam proses ternak Nila adalah panen. Pada umumnya, proses ini dilakukan ketika ikan Nila sudah memasuki usia 4 sampai 6 bulan. Namun, Anda bisa mempercepat proses panen dengan memberikan pakan dan nutrisi yang berkualitas sehingga ikan dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Keuntungan Budidaya Ikan Nila

Gambar Keuntungan Ternak Ikan Nila
pxhere.com

1. Modal kecil

Banyak yang berpikir dan mengira bahwa ternak ikan Nila membutuhkan modal yang besar. Namun, pada kenyataannya untuk melakukan bisnis ini hanya memerlukan modal yang sedikit.

2. Harga jual tinggi

Harga jual ikan Nila sangat tinggi dan dalam sejarah sangat jarang terjadi penurunan harga. Anda bisa menjual ikan Nila seharga Rp25.000,- hingga Rp30.000,- per kilonya.

3. Keuntungan besar

Dengan harga jual yang tinggi dan tergolong stabil, tentu saja akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan. Maka dari itu Anda tidak perlu takut rugi karena sudah pasti akan mendapatkan keuntungan besar.

Bisnis ikan Nila kolam terpal memang sangat menguntungkan. Namun, belum banyak yang mengetahui hal tersebut dan masih banyak orang yang takut untuk memulai. Setelah membaca cara ternak dan keuntungannya sudah pasti Anda tidak ragu lagi untuk merintisnya.

Editor AG

Semua Konten Milik akuatik.id