Cara Ternak Lele | Mudah

Ikan Lele merupakan salah satu ikan yang digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya warung makan yang menyediakan menu Lele dan diserbu oleh para pelanggan setiap harinya. Tentunya kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis baru yaitu ternak Lele. Cara ternak Lele tidak begitu sulit karena perawatannya cukup gampang.

Selain perawatannya mudah dilakukan, modal yang dikeluarkan pun tidak banyak karena harga pakannya tidak mahal. Maka dari itu, bisnis ini sering dikatakan bisnis yang memuaskan karena modal kecil dan hasil keuntungannya cukup besar.

Cara Ternak Lele dengan Tepat

1. Pembuatan kolamGambar Kolam Ikan Budidaya

Ternak Lele dapat dilakukan dalam beberapa jenis kolam, mulai dari kolam tanah, kolam, kolam terpal dan kolam yang terbuat dari semen.

Untuk membuat kolam ikan Lele, gunakanlah lahan yang luas atau disesuaikan dengan jumlah benih yang akan diternakan. Hal ini bertujuan agar ikan Lele tidak kekurangan oksigen nantinya.

Baca Juga :  Budidaya Porang, Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi

Buatlah kolam sesuai dengan keinginan Anda, boleh kolam tanah, kolam terpal atau kolam lainnya. Masukkan air dan diamkan selama kurang lebih 7 sampai 10 hari sampai lumut mulai tumbuh pada kolam. Lumut dapat berguna sebagai penjernih air sehingga kolam ikan tidak cepat keruh.

2. Pemilihan benih

cara ternak lele
cara ternak lele pusat-penjualan-bibit-lele-dumbo.business.site

Dalam proses pemilihan benih ikan Lele, Anda harus benar-benar jeli dan memilih benih yang berkualitas. Pilihlah bibit berkualitas yang unggul karena bibit tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, bibit ikan Lele yang berkualitas tidak akan mudah terserang penyakit dan stress.

Bagi Anda yang baru saja terjun dalam dunia ternak Lele, pilihlah bibit jenis dumbo. Pasalnya, jenis ikan Lele satu ini sangat mudah dirawat dan mudah di dapatkan. Tidak hanya itu saja, kualitas daging yang dihasilkan juga bagus dan lebih tahan dari serangan penyakit.

3. Penebaran benih

Gambar Penebaran Benih Ikan lele
zulfanfarm.blogspot.com

Langkah berikutnya adalah penebaran benih yang seringkali dilakukan dengan cara tidak tepat. Dalam proses penebaran, jangan sekali-kali melepaskan benih secara bersamaan karena dapat berakibat buruk pada ikan nantinya. Benih-benih yang dilepaskan secara bersamaan akan mudah terserang stress dan akhirnya akan mati.

Baca Juga :  OPPO Luncurkan Reno3 Pro

Pastikan penebaran benih dilakukan secara berkala dengan jumlah sedikit demi sedikit. Anda bisa menggunakan ember yang kemudian dimasukkan ke dalam kolam dan biarkan benih keluar dengan sendirinya.

Sedangkan waktu yang tepat untuk penebaran benih adalah pada pagi atau malam hari, karena suhu air lebih sejuk dan benih ikan Lele dalam keadaan lebih tenang.

4. Pisahkan ikan sesuai ukuran

Gambar Pemisahan Ikan Lele Sesuai Ukuran
randifarm.co.id

Proses pemisahan ikan Lele sesuai dengan ukurannya bertujuan agar ikan yang lebih besar tidak menyakiti ikan yang berukuran lebih kecil. Hal ini juga dapat mengurangi resiko kematian ikan Lele yang berukuran lebih kecil dari lainnya.

Maka dari itu, pindahkan ikan yang berukuran lebih besar pada kolam lainnya. Anda bisa melakukan proses pemisahan ikan berdasarkan ukuran ini pada saat usia ikan Lele sudah memasuki 20 hingga 25 hari.

5. Perawatan kolam

Ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup dalam segala kondisi. Namun hal tersebut bukan berarti Anda harus membiarkan kolam ikan tanpa perawatan. Anda harus memastikan air tidak terkontaminasi dengan limbah yang dapat mengakibatkan kematian pada ikan-ikan.

Baca Juga :  Harga Minyak Dunia Minus? Bagai Mana Bisa

Anda juga harus mengatur kedalaman air kolam sesuai dengan ukuran dan usia ikan. Hal tersebut bertujuan agar ikan dapat leluasa bergerak dan tidak kekurangan oksigen.

Pada saat usia ikan Lele memasuki waktu satu bulan pastikan ketinggian air tidak kurang dari 20 cm. Sedangkan ketika sudah berusia 2-3 bulan ketinggian air tidak boleh kurang dari 40-80 cm.

6. Pemilihan pakan

Gambar Pakan Benih Lele
tokopedia.com

Berikutnya adalah pemilihan pakan yang menjadi faktor penting dan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan ikan Lele.

Meskipun ikan Lele termasuk hewan pemakan segala, Anda harus tetap memperhatikan kualitas pakan. Pastikan Anda memilih pakan yang bernutrisi dan cocok untuk ikan Lele, contohnya pakan pelet 781-1 atau pakan lainnya.

Dengan melakukan cara ternak Lele yang tepat, dapat dipastikan pada proses panen Anda akan menghasilkan Lele yang berkualitas dan memuaskan. Maka dari itu ikutilah langkah-langkah di atas dengan baik dan benar agar ternak Lele Anda berhasil sesuai keinginan.

Editor AG

Artikel Hak milik akuatik.id