Budidaya Lele Kolam Terpal

Budidaya ikan Lele kolam terpal merupakan salah satu bisnis simple yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Pasalnya, ikan Lele sudah menjadi santapan andalan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sementara itu, modal yang perlu di siapkan untuk budidaya ikan jenis ini tidaklah besar. Bahkan untuk biaya perawatan juga sangat kecil karena harga pakannya murah.

Alasan menggunakan kolam terpal untuk budidaya Lele adalah karena cara membuatnya mudah alias praktis. Yuk, budidaya ikan Lele dengan menggunakan kolam terpal dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Langkah-langkah Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

1. Siapkan lahan

Gambar Lahan Kolam Lele
starthome.co.id

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan lahan yang luas sesuai dengan jumlah benih ikannya. Anda bisa menggunakan halaman belakang rumah untuk membuat kolam terpal ini, atau jika tidak memiliki lahan yang luas Anda bisa menyewa tanah kosong.

Baca Juga :  Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

2. Siapkan kolam terpalGambar Terpal

Setelah menyiapkan lahan untuk pembuatan kolam, siapkan terpal yang akan digunakan. Agar kolam ikan Lele bisa awet dalam jangka waktu lama, pastikan terpal yang Anda pilih adalah terpal berkualitas dan juga tidak tipis.

Sesudah itu, buatlah tepian kolam terlebih dahulu dengan susunan batu bata atau bambu berbentuk lingkaran atau persegi namun berdiri tegak.

Kemudian, tata terpal yang telah Anda siapkan di tengah-tengah susunan bata. Pastikan semua bata atau bambu yang Anda gunakan sebagai tepian kolam tertutupi dengan sempurna oleh terpal agar tidak ada kebocoran air nantinya.

3. Isi kolam dengan air

Gambar Kolam Ikan lele Terpal
paktanidigital.com

Langkah berikutnya setelah kolam terpal selesai dibuat adalah pengisian air. Isilah kolam terpal dengan air setinggi 30 cm sampai 40 cm lalu diamkan selama kurang lebih 7 sampai 10 hari hingga kolam ditumbuhi oleh lumut dan plankton.

Pendiaman air selama waktu yang telah ditentukan juga berguna untuk mengecek ada atau tidaknya kebocoran pada kolam.

Apabila tidak ada kebocoran, Anda bisa menambahkan volume air hingga tinggi mencapai 80 cm atau sesuai dengan ketinggian kolam yang dibuat. Pastikan tinggi air tidak menyamai tinggi kolam, karena akan ada peningkatan volume saat kolam diisi benih.

Baca Juga :  Cara Ternak Lele | Mudah

4. Penebaran benih

Gambar Bibit Ikan Lele Terpal
goodnewsfromindonesia.id

Tahap selanjutnya adalah penebaran benih ke dalam kolam terpal yang telah siap digunakan. Dalam pemilihan benih ikan Lele, Anda harus benar-benar teliti agar hasil panen memuaskan.

Pastikan Anda memilih benih yang berkualitas dengan ciri-ciri, benih berwarna lebih mengkilap dan juga memiliki pergerakan yang gesit.

Untuk proses penebaran benih, tidak boleh dilakukan secara bersamaan. Maksudnya, apabila Anda hendak membudidayakan 1.000 ekor ikan Lele maka saat penebaran benih jangan langsung memasukkan semuanya ke dalam kolam dalam waktu yang bersamaan.

Pasalnya, hal tersebut akan memicu stress pada benih-benih dan dapat mengakibatkan kematian.

Lepaskan benih-benih ikan Lele dengan jumlah dan waktu yang bertahap. Masukkan kurang lebih 100-200 ekor benih secara perlahan-lahan ke dalam kolam.

Kemudian, setelah berselang 30 menit masukkan kembali benih dalam jumlah yang sama secara perlahan-lahan dan lakukan hal tersebut dengan jeda waktu yang sama hingga semua benih telah masuk ke dalam kolam.

Baca Juga :  Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

Pada saat hendak memasukkan benih ke dalam kolam, usahakan pada pagi atau malam hari saja ya. Karena pada waktu tersebut suhu air dalam keadaan sejuk sehingga sangat baik untuk perkembangan benih Lele.

5. Perawatan ikan

Gambar Pakan Perawatan Ikan Lele Terpal
zerbejewerlers.com

Perawatan ikan merupakan salah satu langkah budidaya ikan Lele yang sangat penting dan dapat mempengaruhi hasil panen. Perawatan yang baik dan berkualitas akan membuat hasil panen melimpah dan ikan-ikan yang dihasilkan bagus.

Perawatan ikan meliputi pemberian pakan dan pembersihan kolam.

Berikan ikan Lele pakan yang baik seperti pelet setiap tiga hari sekali. Usahakan untuk memberi makan pada waktu yang sama secara rutin yaitu pada pukul 7 pagi, 5 sore dan 10 malam.

Kemudian perhatikan juga volume air dalam kolam dan sesuaikan dengan umur serta ukuran lele. Pada bulan pertama, ketinggian air yang baik adalah sekitar 20 cm, bulan kedua sekitar 40 cm dan bulan ketiga 80 cm.

Lakukan semua cara budidaya ikan Lele kolam terpal di atas dengan baik tanpa melewatkan satu langkah pun. Tunggu hingga ikan Lele siap panen dengan ditandai dengan usia lele memasuki usia 3 bulan dan warna air berubah dari hijau ke merah.

Editor AG

Konten hak milik akuatik.id