Hasil MotoGP GP Jerez: Quartararo Juara, Marquez Menggila

  • Bagikan
66034f24 3376596369

Absen hampir lima bulan, seri perdana MotoGP 2020 akhirnya digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Fabio Quartararo keluar sebagai juara setelah menaklukan perlawanan Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Ini adalah kemenangan perdana yang diraih Quartararo di kelas MotoGP, atau sejak naik kelas di musim lalu.

Drama dialami Marc Marquez yang sempat memimpin jalannya balapan, dan harus terperosok ke gravel, hingga melorot ke posisi 16. Perlahan Marquez merangkak maju hingga bisa berada di posisi tiga.

Sayangnya, pebalap Repsol Honda itu harus mengalami kecelakaan, di sisa balapan karena mengalami highside, hingga terbanting dengan keras dan gagal menyelesaikan balapan.

Uniknya, ini adalah tikungan yang sama yakni tikungan ke-empat, ketika Marquez melebar di lap awal.

Padahal, kalau saja juara dunia MotoGP musim lalu ini tidak crash, ini akan menjadi aksinya yang paling gila, dengan melibas banyak pebalap dari posisi 16, hingga ke deretan depan.

Jalannya balap di awali Fabio Quartararo yang kehilangan pole position dan tercecer di posisi kelima. Lap pertama dipimpin Maverick Vinales, disusul Marc Marquez dan Jack Miller yang menyodok di posisi ketiga.

Baru berjalan dua lap, aksi saling susul sudah terjadi antara Vinales dan Marc. Meski pada akhirnya di akhir lap tersebut Marc berhasil unggul dari Vinales dan mulai memimpin jalannya balap.
Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Lihat Foto

Di lap ketiga Marc membuat jarak 0,6 detik dari Vinales. Tapi tak lama Marc melebar hingga masuk gravel. Dia masuk tikungan terlalu cepat dan rebah sampai 67 derajat.

Beruntung Baby Alien tidak jatuh karena menahan dengan siku dan lutut , dan masih bisa meneruskan lomba tapi tercecer di posisi ke 16.

Tidak adanya Marc membuat Vinales memimpin balapan. Pertarungan kemudian terjadi memperebutkan posisi kedua antara Miller dan Quartararo. Pada lap kelima Quartararo berhasil menyalip Miller.

Usai menyalip Miller, rookie terbaik 2019 mengincar Vinales yang kini jauh di depan dengan selisih jarak nyaris satu detik. Tapi hal itu tidak lama. Penggunaan ban slik kompon lunak depan belakang tampak mempengaruhi Vinales.

Tak lama Quartararo kembali mendekati Vinales. Sampai akhirnya pebalap Spanyol itu melakukan kesalahan masuk tikungan terlalu cepat dan melakukan hard braking sehingga disalip Quartararo dan Miller.

Berada di depan membuat Quartararo memperlihatkan tajinya. Tak butuh waktu lama, pebalap yang musim depan pindah ke tim pabrikan Yamaha itu meninggalkan Miller dengan jeda 1,2 detik.

Di sisi lain Marc yang tercecer di posisi ke-16 tampil makin agresif bersama Honda RC231V. Pada lap ke-13, baby Alien berhasil menyalip beberapa pebalap dan sudah berada di posisi kedelapan.

Lap ke-15 Quartararo makin jauh di depan. Selisih jaraknya sudah 2,6 detik dari Miller. Adapun Marc makin ”kesetanan” di lap ke-17 dia menyalip dua pebalap sekaligus dan  berada di posisi keenam.

Lap 20 Marc Marquez sudah berada di posisi keempat. Aksi sensasional setelah menyalip Andrea Dovizioso dan kemudian memburu Miller.

Luar biasanya di lap ke-21 dia kembali menyalip Miller dan kini berada di posisi ketiga, sebelum akhirnya crash dan gagal melanjutkan balapan.

Quartararo akhirnya keluar sebagai juara di seri pembuka musim 2020 ini, diikuti oleh Marc Vinales di posisi kedua dan Andrea Dovizioso di posisi ketiga.

Hasil MotoGP GP Jerez 2020
1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)
2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
4 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
6 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
7 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP19)
8 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
9 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)
10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
11 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)
12 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
14 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)
15 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)
Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

sumber kompas

Baca Juga :  Takaaki Nakagami Tak Mau Divaksin Covid-19, Begini Alasannya
  • Bagikan