Viral Video Petugas Buang Jenazah dari Ambulans, Yang Diduga Pasien Corona

  • Bagikan
0df9a9fa screenshot 20200708 201011 1

Internasional — Dua petugas rumah sakit terekam CCTV membuang jenazah di pinggir jalan di lingkungan Rumah Sakit Peoples di Bhopal, India pada Senin (07/07/2020). Menyadur India Today, sosok yang ditelantarkan adalah pasien corona.

Dari rekaman video, terlihat dua petugas dengan APD mengeluarkan jenazah dan meninggalkannya begitu saja.

Awalnya, pasien bernama Wajid Ali dirawat selama dua minggu di RS Peoples di Bhopal dengan keluhan sakit ginjal. Namun keluhannya bertambah dalam beberapa hari terakhir. Ia mengalami kesulitan bernafas dan diduga pneumonia.

Anak korban mengatakan ayahnya dites Covid-19 pada Minggu dan hasilnya keluar hari Senin. Tes menyatakan hasilnya positif corona. Ia lantas dipindah ke Rumah Sakit Chirayu Medical College pada Senin pagi dengan ambulans.

Namun ambulans kembali dalam waktu yang cukup singkat dan hal ini membuatnya anaknya heran.

“Saya tak tahu apa yang terjadi di ambulans, tapi mengapa pemerintah kabupaten harus memindahkannya ke rumah sakit jika mereka membuangnya di jalan seperti ini,” katanya.

Baca Juga :  Gara-gara "Berciuman" Terkena Herpes

Pihak RS Peoples, Dr Manju mengatakan rumah sakit langsung disterilkan setelah pasiennya dibawa ke rumah sakit rujukan.

“Ambulans dari rumah sakit Chirayu sampai di rumah sakit rakyat sekitar pukul 4:30 sore dan setelah Wajid Ali diambil, kami memulai proses pengasapan rumah sakit sesuai protokol,” ujarnya.

Ia melanjutkan, proses pengasapan masih berlangsung ketika ambulans kembali dan membuang Wajid Ali di trotoar.

Pihak pemerintah langsung mendapat laporan tentang hal ini dan memerintahkan RS Chirayu untuk bertanggung jawab dan mengambil Wajid Ali kembali.

Satu jam berlalu tapi sepertinya nyawa Wajid Ali tak bisa diselamatkan. Dari rekaman CCTV terlihat pihak dokter RS Peoples mencoba menghidupkan kembali Wajid Ali, namun gagal.

Dengan frustasi, anaknya berkata ia yakin ayahnya masih hidup ketika masuk ambulans dan hendak dipindah ke rumah sakit Chirayu.

Baca Juga :  Viral 3 Perempuan Muda di Lampung Mengutil Kosmetik di Minimarket

Sementara itu, pihak RS Chirayu mengatakan kondisi pasien memburuk ketika masih dekat RS Peoples sehingga petugas kembali ke sana dan ambulans pengganti dengan ventilator sedang disiapkan untuk menjemput pasien di RS Peoples.

“Kami menerima telepon dari RS Peoples bahwa seorang pria yang menderita penyakit ginjal telah dites positif dan harus dipindahkan ke RS Chirayu. Pasien dikatakan normal, jadi kami mengirim ambulans biasa” ujar Dr Ajay Goenka.

“Pasien dijemput dari rumah sakit tapi ketika dia dibawa ke RS Chirayu, pengemudi dan perawat ambulans menyadari kondisinya semakin buruk sehingga mereka membawa pasien kembali ke RS Peoples,” jelasnya.

“Mereka memberi tahu RS Chirayu dan ambulans lain dengan ventilator dan seorang dokter dikirim yang mencapai tempat itu dalam waktu 20 menit.”

  • Bagikan