Baru 7 Desa Cairkan ADD/DD Tahap II

Kepahiang — Meskipun proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap II sudah lama dibuka, tapi tingkat penyerapannya di Kabupaten Kepahiang masih terbilang minim.

Bayangkan saja dari total keseluruhan 105 desa, saat ini yang tercatat sudah melakukan pencairan baru 7 desa saja.

Dari catatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kepahiang, ketujuh desa yang sudah melakukan pencairan tahap II mulai dari Desa Batu Bandung, Sosokan Taba dan Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu. Kemudian, Desa Pekalongan, Suro Ilir, Tanjung Alam dan Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas.
Sementara untuk 98 desa lainnya, sudah dpastikan sama sekali belum mencairkan ADD/DD tahap II.
“Karena memang sampai saat ini baru ada 7 desa yang sudah diverifikasi dan melakukan pencairan,” terang Kadis PMD Kabupaten Kepahiang Ir. Ris Irianto, M.Si, Jum’at (26/06/2020).
Dari 98 desa belum melakukan pencairan terdapat 16 desa sudah mengusulkan pencairan tahap kedua. Hanya saja usulan tersebut belum bisa dilakukan, lantaran berkas usulannya yang masih dalam proses verifikasi.
“Kalau nanti dari hasil verifikasi tidak ada yang salah dan kurang, tentu akan langsung kami rekomendasikan untuk segera dicairkan,” jelasnya.
Dengan jumlah yang masih sangat minim ini, Ris Irianto menghimbau pemerintah desa dan pemerintah kecamatan untuk lebih pro aktif dan maksimal dalam melakukan tahapan pencairannya.
Sebab selain harus cepat dalam melaksanakan proses pembangunan infrastruktur di desa, pemerintah desa juga harus bekerja maksimal untuk percepatan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).
“Jangan sampai nanti dipenghujung tahun, masih banyak desa yang belum menyelesaikan tugasnya,” tutupnya. 

AG

Baca Juga :  Musdessus Desa Batu Kalung Kepahiang TA. 2020
Cakrawala Rafflesia