Distan Kepahiang Suntikkan 3.500 Vaksin Rabies Hingga Akhir Tahun

  • Bagikan
4d7030c7 vaksin rabies 131004b

KepahiangDinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang gencar melakukan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap Hewan Penular Rabies (HPR), Bahkan tahun 2020 ini disediakan 3.500 vaksin rabies. Vaksin HPR khusus anjing, kucing dan kera tersebut akan disuntikkan untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan penyakit rabies di wilayah Kabupaten Kepahiang.

Diutarakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, SPK, Senin (22/06/2020), vaksinasi rabies ini terutama guna menekan kasus gigitan anjing rabies terhadap manusia.

Menurutnya, anjing yang mengigit manusia ada yang hanya suspect rabies dan ada pula yang positif rabies.

Baca Juga :  Anggota PPK dan PPS Dapat SK Senin Depan

“Dengan vaksinasi rabies yang tersedia, kita terus melakukan vaksinasi ke desa-desa hingga akhir tahun. Vaksinasi akan dibagikan secara gratis. Tinggal lagi kita meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya vaksin rabies terhadap hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera,” jelas Hernawan.

Dijelaskan Hernawan, meski tidak semua kasus gigitan anjing positif rabies namun penyuntikan vaksin harus dilakukan untuk menghindari resiko terburuk. Mengingat penyakit rabies merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong sangat berbahaya dan mematikan.

Baca Juga :  Raperda Akan Dibahas Usai Lebaran, Oleh Dewan Kabupaten Kepahiang

Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi guna meminimalisir penyebaran atau penularan penyakit tersebut.

“Cakaran atau gigitan HPR sangat mematikan apabila lengah dalam penanganannya. Untuk itu kita akan memprioritaskan vaksin anti rabies di wilayah kecamatan dengan jumlah populasi HPR yang paling banyak,” tutup Hernawan.

Editor AG

  • Bagikan