Klarifikasi Danrem Soal Beri Pangkat Brigjen ke Wali Kota Bengkulu

  • Bagikan
380b1942 danrem 041 garuda emas gamas sambangi rumah dinas bupati kepahiang

Bengkulu -Beberapa waktu belakangan ini, ramai berita jika Komandan Resor Militer (Danrem) 041/Garuda Mas (Gamas) Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil menyematkan pangkat bintang satu atau Brigjen kepada Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan.

Yanuar mengklarifikasi pemberitaan di media massa dan media sosial yang menyebutkan Danrem 041 Gamas melantik kepala daerah atau Pak wali kota dengan pangkat kehormatan, dengan pangkat Brigjen.

“Tidak benar saya menyematkan bintang satu atau brigjen kepada Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Yang ada mengangkat Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan sebagai keluarga besar Korem 041 Gamas Bengkulu. Jadi, sekali lagi saya tegaskan tidak pernah menyematkan bintang satu atau brigjen ke wali Kota Bengkulu tersebut,” tegas Yanuar Kepada wartawan, Kamis (18/6/20).

Baca Juga :  Pemkab Bengkulu Bahas Sekolah Dibuka: Kita Takut Anak Lupa Cara Belajar

Bantahan tersebut dilakukan karena ada pemberitaan di sejumlah media jika Danrem 041 Bengkulu mengangkat dan melantik Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Berpangkat brigjen.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem 041/Gamas (Kapenrem) Bengkulu, Kapten Cpm M. Lumban Raja dalam keterangan resminya yang dikutip dari Media center Pemkot Bengkulu.

“Kami luruskan yang sebenarnya, bahwa Danrem 041/Gamas mengangkat Walikota itu menjadi warga kehormatan di Korem 041/Gamas Bengkulu. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi Danrem kepada Walikota Bengkulu yang bersinergi dengan TNI dalam membangun Kota Bengkulu,” jelas Kapten Lumban.

Penganugerahan warga kehormatan itu diberikan kepada gubernur dan seluruh kepala daerah lainnya di Provinsi Bengkulu. Maka dengan rasa bangga itu, saat silaturahmi dengan wali kota Bengkulu, kata Lumban, Danrem memberikan kenang-kenangan berupa pin, piagam, dan jaket.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Gubernur Bengkulu Ke Sumsel. Ini Yang diBahas

“Intinya Danrem sangat senang dengan Kota Bengkulu ini karena dia lahir di Kota Bengkulu. Dia juga bangga karena dedikasi dan sinergi pemerintah dengan TNI sama-sama membangun Kota Bengkulu ini dalam program TMMD,” tuturnya.

Lumban kembali menegaskan bahwa Danrem 041/Gamas mengangkat Wali Kota Bengkulu sebagai warga kehormatan Korem, bukan memberikan pangkat seperti layaknya seorang prajurit TNI.

Untuk diketahui, sejumlah pemberitaan sempat beredar menyebutkan Danrem Gamas Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil menyematkan pangkat Brigjen pada wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Belakangan diketahui bahwa terjadi kesalahpahaman dalam hal ini. (AG)

  • Bagikan