Anggaran Kopi Sambung Dari Rp 1,2 M Jadi Rp 340 Juta

  • Bagikan
58d21785 distan kph

Kepahiang Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang menjadi salah satu dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut dialihkan anggarannya untuk percepatan penanganan Covid-19.

Walau begitu, Dinas Pertanian tetap melanjutkan program kopi sambung tahun ini. Kepala Dinas Pertanian, Hernawan, S.PKP, Jum’at (12/06/2020) menjelaskan, anggaran untuk program kopi sambung hanya tersedia Rp 340 juta.

Padahal program penyambungan entres kopi di APBD TA 2020 dianggarkan Rp 1,2 miliaruntuk penyambungan sebanyak 400 ribu entres kopi.

Baca Juga :  Satlantas Polres Kepahiang Gelar Baksos, Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-74

Dengan anggaran yang tersidia Rp 340 juta, Hernawan menuturkan pihaknya belum bisa memastikan berapa banyak entres kopi yang akan dilakukan penyambungan.

“Program kopi sambung tetap dilanjutkan meski anggarannya ikut direfocusing. Belum tahu pasti berapa banyak entresnya, karena akan disesuaikan dengan standar harga,” jelas Hernawan.

Dilanjutkannya program tersebut, lanjut Hernawan, untuk mendukung peremajaan tanaman kopi milik petani dengan sistem sambung dahan. Upaya tersebut dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas kopi lokal.

Baca Juga :  "New Normal" Kebijakan Bebas Retribusi Pasar Kepahiang Tetap Berlanjut

“Semakin berumur, tanaman kopi akan kurang produktif. Peremajaan sistem sambung dahan merupakan upaya meningkatkan produktivitas komoditas kopi ini,” terang Hernawan.

Editor AG

Dilansir Radar Kepahiang

  • Bagikan