Bupati Kepahiang Rencanakan Warga Kelurahan Dapat BST dari Dana Covid-19

  • Bagikan
96871784 1a

Kepahiang Warga kelurahan di Kabupaten Kepahiang yang terdampak Covid-19 sejauh ini belum sepenuhnya terakomodir sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Disampaikan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU, Selasa (09/06/2020), rencananya akan disalurkan BST bagi warga di kelurahan menggunaan dana cadangan Covid-19 hasil realokasi APBD Kepahiang TA 2020 yang totalnya mencapai Rp 37 miliar.

Disampaikan pula, sebenarnya warga terdampak Covid-19 di desa dan kelurahan dipastikan sudah mendapatkan BST dari Kemensos RI.

“Bantuan langsung tunai dari anggaran Covid-19 Kabupaten Kepahiang, masih dalam tahap perencanaan,” sampainya.

Dilanjutkanjuga oleh Bupati Dayat, seandainya anggaran dana kelurahan yang sebelumnya sudah dianggarkan mencapai Rp 12 miliar untuk seluruh kelurahan di Kabupaten Kepahiang bisa dimanfaatkan dengan baik, maka tentunya sebagian dari dana kelurahan itu bisa dialihkan untuk membantu warga terdampak Covid-19 di kelurahan masing-masing. Hanya saja, tahun lalu anggaran dana kelurahan terpaksa dikembalikan ke kas daerah.

Baca Juga :  Ini Kata Dinkes Provinsi Bengkulu Terkait Informasi Warga Meninggal Yang Positif Covid-19 Dikatakan Hoax

Bahkan anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah pusat senilai Rp 4, 6 miliar juga ikut dikembalikan.

“Kalaulah anggaran itu sebelumnya bisa dikelola dengan baik, maka dapat dimanfaatkan untuk membantu warga terdampak Covid-19. Tapi sekarang dana kelurahan itu diprediksi tidak bisa dialokasikan lagi karena sudah dikembalikan,” paparnya.

Untuk itu, sambung Bupati Dayat, solusinya Pemkab Kepahiang rencananya akan menyalurkan BST dari dana Covid-19 Kabupaten Kepahiang bagi warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga :  H-1 Lebaran Pasar Kepahiang Ramai Pembeli

Sampai sekarang, dari total anggaran Rp 37 miliar hasil realokasi APBD Kepahiang TA 2020 yang dipersiapkan untuk percepatan penangaan Covid-19 di Kepahiang. Baru Rp 18,7 miliar yang sudah jelas pengalokasiannya. Yakni pada RSUD Kepahiang, Dinas Kesehatan, BPBD dan Dinsos.

Editor AG

Sebagian artikel dilansir dari RK

  • Bagikan
Positive SSL