Pilkada Serentak Akan Dilaksanakan Pada 9 Desember 2020

  • Bagikan
eko

Bengkulu Sempat tertunda yang semula 23 September 2020, akhirnya pelaksanaan pilkada serentak telah disepakati akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti.

Eko Sugianto
Foto/Dok RK : Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Hukum, Eko Sugianto.

Dengan resmi ditetapkannya penyelenggaraan Pilkada serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai tahapan yang sempat tertunda sebelumnya pada 15 Juni 2020 ini.

“Pilkada Serentak akan dilaksanakan 9 Desember 2020 sesuai dari hasil keputusan bersama antara Pemerintah Pusat, DPR RI, KPU RI serta Mendagri. Tahap lanjutan tanggal 15 Juni mendatang kami mulai Rakor bersama KPU Kabupaten/Kota secara virtual, diungkapkan Komisioner KPU Provinsi BEngkulu Divisi Hukum, Eko Sugianto, Kamis (25/05/20)

Baca Juga :  Diduga Ada Keterlibatan Oknum Pegawai Lapas terkait Napi Tipu Wanita NTB

Eko menambahkan, dengan telah ditentukannya waktu pelaksaan pencoblosan Pilkada serentak ini maka pihaknya selaku penyelenggara akan melaksanakan sesuai aturan serta regulasi yang ada. Apalagi saat ini juga sifatnya melanjutkan tahapan yang tertunda sebelumnya dan bukan mulai baru dari awal lagi.

Seperti tahapan pendaftaran kandidat Paslon jalur independen atau perseorangan dinyatakan sudah selesai dilaksanakan.

“Bagi daerah kabupaten yang ada Paslon perseorangannya, tinggal melanjutkannya ke tahap verifikasi faktual dukungan dan yang lainnya. Untuk jadwal pendaftaran kandidat Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara resmi ke KPU kami masih menunggu petunjuk dan PKPU-nya yang akan segera dikeluarkan KPU RI,” sampai Eko.

Terkait diaktifkannya kembali Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), ditambahkan Eko, pihaknya masih menunggu PKPU secara resmi untuk pelaksanaan tahapan lanjutannya terlebih dahulu. Mengingat di dalam PKPU itu akan mengatur semua soal penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 ini. “Kita tunggu dulu PKPU-nya,” demikian Eko.

Baca Juga :  IDI Sarankan Desember ini Sekolah Di Bengkulu Dibuka

Sumber RKONLINE

Editor AG

  • Bagikan