Rohidin Ajak Perkuat Sinergitas Semua Unsur untuk Berantas Covid-19

  • Bagikan
gub bkl

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melaksanakan acara halal bilahal dalam rangka perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Pada kesempatan itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA mengajak seluruh unsur terkait untuk memperkuat sinergitas dalam rangka memberantas corona virus disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Bengkulu.

Disampaikan Rohidin, sinergitas tersebut dimulai dari Pemprov Bengkulu, unsur FKPD Provinsi, Kabupaten/Kota. “Jangan pernah puas atas perbaikan-perbaikan yang terus menerus dan harapan saya untuk dapat meningkatkan sinergitas dengan gerakan-gerakan strategis agar Covid-19 tidak ada lagi di Provinsi Bengkulu,” sampai Rohidin, Rabu (27/5).

Dikemukakan dalam acara halal bilahal yang dilakukan secara virtual tersebut, Rohidin menekankan beberapa poin penting yang harus dilakukan dalam rangka pencegahan Covid-19 sesuai dengan arahan Presiden agar masyarakat bisa menghadapi gaya hidup baru di tengah wabah Covid-19.

Baca Juga :  Kecelakaan Beruntun di Bengkulu, Satu Orang Tewas

“Pertama gerakan wajib pakai masker. Saya harapkan pemerintah kabupaten/kota dapat melakukan pengadaan masker dan dibagikan kepada masyarakat. Jumlahnya sesuai dengan jumlah penduduk di masing-masing kabupaten/kota. Pemprov juga akan melakukan pengadaan juga dan jumlahnya akan lebih banyak,” ungkap Rohidin.

Pengadaan tersebut, lanjutnya, dengan menggunakan anggaran refocusing dan realokasi di APBD masing-masing. Kemudian melalui anggaran itu juga, melakukan pengadaan alat rapid test yang jumlah minimalnya 3 persen dari jumlah penduduk. “Rapid test massal ini penting dilakukan dalam rangka pemetaan kondisi di lapangan,” terang dia.

Selanjutnya, dia menegaskan berkaitan dengan penanganan pasien yang bergejala ringan dan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang menjadi tanggung jawab kabupaten/ kota. Untuk Pemprov tanggung jawabnya terhadap pasien yang bergejala klinis berat, pemeriksaan PCR dan penanganan berat lainnya. “Mulai hari ini kita satukan tekad untuk memulai memasuki babak baru,” katanya.

Dalam acara halal bihalal tersebut juga diisi tausiyah secara virtual oleh Ustad H. Agus Delianto. Kegiatan dihadiri unsur FKPD Provinsi, Wagub Bengkulu, Sekda Provinsi, Kepala OPD, bupati dan wakil bupati, walikota/wakil walikota, dan unsur FKPD Kabupaten/Kota.

Source HRB

Editor CR

  • Bagikan