Wapres Ucapkan Minal Aidin Wal Faidzin dan Himbau Sholat Ied Dirumah

  • Bagikan
wapres

JAKARTA — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan permintaan maaf atau Minal Aidin wal Faizin kepada seluruh masyarakat Indonesia, melalui sebuah rekaman video di Jakarta, Kamis.

Dalam video tersebut, Wapres juga mengimbau agar masyarakat melakukan Shalat Id di rumah masing-masing.

“Kepada seluruh masyarakat Indonesia saya menyampaikan Minal Aidin wal Faizin, selamat Hari Raya Idul Fitri karena beberapa hari lagi kita akan masuk Hari Raya Idul Fitri. Pemerintah meminta agar masyarakat dalam merayakan Idul Fitri, dilakukan di rumah, tidak di masjid atau pun di lapangan terbuka,” ujar Wapres.

Baca Juga :  Masuk DKI di Akhir Tahun, Siap-siap Dicegat Rapid Test

Wapres mengatakan imbauan pemerintah itu disebabkan karena situasi, keadaan negara masih menghadapi pandemi COVID-19. Dia mengatakan masih diperlukannya upaya mencegah penyebaran virus dengan mencegah terjadinya perkumpulan massa.

“Dan saya kira agama juga mengajarkan kita untuk menjaga kehidupan kita, dari kemungkinan tertimpa bahaya,” ujar Wapres.

Wapres menyampaikan agama Islam mengajarkan untuk senantiasa membangun kemaslahatan dan menghilangkan kemudharatan, kedaruratan, dan kerusakan, atau memperkecil kerusakan dan kemudharatan.

Baca Juga :  Dilaporkan ke Polisi Usai Sindir Menag, Said Didu Meminta Maaf

Karena itu, kata dia, dalam melaksanakan ajaran agama perlu menyesuaikan dengan keadaan.

“Tahun ini Hari Raya kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan. Andai kata kita masih memaksakan melakukan (Shalat Id) di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan-penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama yang seharusnya memperkecil bahaya,” ujarnya.

  • Bagikan