Jangan Terima Tamu Saat Lebaran ? Himbauan Menag. Karena Banyak OTG

  • Bagikan
menteri agama

JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau masyarakat tidak menerima tamu saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah atau lebaran. Sebab banyak orang tanpa gejala virus corona (Covid-19).

“Saya menteri agama menyarankan supaya berlebaran di rumah saja dengan keluarga inti. Tidak usah ke mana-mana, tidak usah menerima tamu,” kata Fachrul saat konferensi pers bersama BNPB, Kamis (21/5/2020).

Menurut dia, menerima tamu saat lebaran tahun ini akan berpotensi meningkatkan angka penularan virus corona. Dia pun mengingatkan adanya kriteria Orang Tanpa Gejala (OTG) sebagai sumber penularan.

Baca Juga :  Istana Minta Polisi Usut Peretasan Tempo

“Karena kembali, kita tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus, karena memang sekarang banyak orang tanpa gejala,” ujarnya.

Mantan Wakil Panglima TNI itu menyarankan agar silaturahmi yang biasa dilakukan secara tatap muka itu diganti dengan melalui media sosial (medsos). Saat ini, dia mengatakan, sudah banyak layanan atau fitur untuk bersilaturahmi melalui medos. Dengan begitu, momen berlebaran bisa diubah di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Clubhouse Berpotensi Diblokir Kominfo

“Bermaaf-maafan atau silaturahmi kan tidak harus lewat fisik. Silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik, tapi karena kedekatan batin, kedekatan hati,” katanya.

Sumber

Editor : AG

  • Bagikan