Jadwal Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1441 H

  • Bagikan
idul fitri ilustrasi

JAKARTA , CR – Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1441 Hijriyah atau hari Raya Idul Fitri 2020 pada Jumat, 22 Mei 2020 atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1441 H. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Agus Salim menjelaskan, sidang akan dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Razi dan dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan dalam masa pandemi virus Corona (Covid-19).

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Agus Salim seperti dikutip laman Kementerian Agama, Sabtu (16/5/2020) 

Baca Juga :  Hilal Tidak Teramati dari Seluruh Wilayah RI, Tim Falakiyah

Sidang isbat penentuan awal Ramadan lalu rencananya akan dimulai pukul 17.00 WIB dengan agenda pemaparan posisi hilal awal Syawal 144I H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya. Selanjutnya, akan ada laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Baca Juga :  Cegah Kerumunan Masyarakat Di Lokasi Wisata, Polda Bengkulu Membuat Inovasi Pelayanan Terpadu

Sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri 2020 ini akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool. Kementerian Agama RI juga menyiarkan ini secara live streaming melalui media sosial Kemenag meliputi Facebook, Instagram, dan Youtube.

Pewarta : ANO

Editor : AG

  • Bagikan