Bengkulu Belum Cukup Syarat Ajukan PSBB

  • Bagikan
Konf pers bengkulu psbb

BENGKULU – Perlu diketahui untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus memenuhi beberapa persyaratan agar bisa diusulkan ke pemerintah pusat. Dilihat dari kondisi penyebaran wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) saat ini, belum cukup syarat.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes. “Untuk mengusulkan PSBB tentu harus memenuhi persyaratan-persyaratan,” ungkapnya, Minggu (17/5).

Herwan menerangkan, untuk kondisi Bengkulu saat ini dengan adanya peningkatan kasus dalam minggu terakhir. Jika dihat kasus tertinggi berada di Kota Bengkulu dan penyebaran sudah di 8 kabupaten/ kota. “Dengan persyaratan kajian epidemiologi yakni pertama, berdasarkan hitungan jumlah kasus terjadi peningkatan kasusnya. Yang kedua, dilihat dari penyebaran kasus. Kalau kita lihat di Bengkulu masih ada kabupaten yang berada di dalam zona hijau,” tambahnya.

Baca Juga :  Pembatasan Kegiatan di Jawa-Bali Dimulai Besok, Mal Tutup Pukul 19.00

Kemudian yang ketiga, yang dilihat adalah penyebaran transmisi lokal. Transmisi lokal saat ini baru terjadi di Kota Bengkulu. “Kalau PSBB secara keseluruhan Provinsi Bengkulu, tidak memenuhi syarat untuk kita usulkan,” ujarnya.

Selain kajian epidemiologi tersebut, tambah Herwan, juga dilihat bagaimana kesanggupan suatu daerah untuk memberikan kompensasi dari sosial dan ekonomi kepada masyarakatnya. “Nah ini nanti akan dilihat oleh tim untuk mengkajinya apakah kita memenuhi syarat. Mudah-mudahan PSBB tidak diberlakukan, harapan kita jumlah kasus ini bisa kita turunkan,” demikian Herwan.

Baca Juga :  3 Poin Penting SE Gubernur Bengkulu Terkait Resepsi Pernikahan

Source

  • Bagikan
Positive SSL