Gubernur Bengkulu Dukung Wimmy Punya Lisensi dan Sertifikasi

CR BENGKULU — Diketahui Wimmy warga Rejang Lebong Provinsi Bengkulu bisa membuat Alat test PRC Virus Corona

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan dukungan untuk melakukan kajian penggunaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dibuat oleh warganya, Wimmy Hartawan, secara mandiri. 

Perlu diketahui bahwa Wimmy lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia adalah warga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Rohidin mengaku bangga atas kepedulian Wimmy di tengah pandemi Covid-19 yang menyerang semua lini kehidupan.

“Kami bangga dan mengapresiasi, pertama yakni adanya kepedulian terhadap keadaan yang sedang kita alami, ini luar biasa apa lagi ini menyangkut aspek medik. Begitu juga siapapun yang merespons keadaan ini dengan ‘empati dan kepedulian’,” kata Rohidin dalam pesan singkatnya melalui stafnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Gubernur dorong miliki lisensi

Perihal inovasi PCR, Rohidin mengatakan, jelas perlu dukungan pemerintah sehingga memiliki lisensi yang jelas dan diakui.

Baca Juga :  5.384 Siswa SMP Bengkulu Dinyatakan Lulus

“Masalah perangkat laboratorium atau produk-produk kesehatan apa lagi menyangkut wabah yang sangat sensitif ini kita perlu dengan ketelitian dengan standar yang jelas,” katanya. 

“Produk produk alat kesehatan yang akan dipergunakan saja harus tersertifikasi, kemudian sudah teruji, apalagi untuk kebutuhan lab pemeriksaan penyakit menular kan standarnya tinggi sekali dan sangat detail, harus ada lisensi dari Kementerian Kesehatan dan pihak-pihak kredibel yang sudah diakui.” 

Baca Juga :  3 Remaja Diamankan Polisi, Karena Membobol Kantin UNIB

“Sekali lagi, saya apresiasi dan kita support agar inovasi seperti ini bisa dikembangkan sesuai tahapan tahapan yang bisa dipertanggungjawabkan secara scientific, termasuk uji coba klinis misalnya. Sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar,” tutup Rohidin.

Sementara itu Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, menyebutakan pihaknya akan coba menelusuri dan berkomunikasi kepada Wimmy terkait kemampuannya membuat PCR secara mandiri.

“Kemampuan Wimmy hebat, kita coba telusuri yang bersangkutan,” tulis Herwan Antoni dalam pesan singkatnya pada kompas.com.

Alat test PCR sudah dipesan banyak pihak

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Kabupaten Rejang Lebong, Wimmy Hartawan mengaku bisa membuat mesin PCR secara mandiri.

Saat diwawancarai oleh Kompas.com, Wimmy mengaku sudah mendapat pesanan PCR dari sejumlah daerah.

Sumber kompas.com

Cakrawala Rafflesia