Warga Jakarta, 3.480 Positif Covid-19

  • Bagikan
images2

CR JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan rapid test atau tes cepat virus Corona Covid-19 terhadap 87.014 orang.

Test tersebut tersebar di lima kota administrasi dan satu kabupaten. Rapid test Corona Covid-19 ini dilaksanakan sejak akhir Maret 2020.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan, untuk persentase positif bagi yang mengikuti rapid test mencapai empat persen.

“Dengan rincian 3.480 orang dinyatakan positif Covid-19 dan 83.534 orang dinyatakan negatif,” ujar Widyastuti dalam keterangan pers, Minggu (10/5/2020).

Selain itu dia mengatakan, Dinas Kesehatan juga memberikan layanan konsultasi online melalui aplikasi sahabat jiwa (berbasis website) atau pada laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id/.

“Bagi masyarakat yang mengakses, akan diberikan layanan konseling oleh Psikolog yang bertugas di Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta,” ucap Widyastuti.

Baca Juga :  Vaksin Mandiri Tak Bisa Dibeli Perorangan

Dia menjelaskan, sasaran dan prioritas rapid test yakni mereka yang berisiko tinggi menularkan atau pun tertular Corona Covid-19.

“Misalnya tenaga medis, orang-orang yang memiliki riwayat kontak fisik dengan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) hingga orang dalam pemantauan (ODP),” terangnya.

Widyastuti memapakan, apabila hasil rapid test tersebut positif, langkah selanjutnya yakni dilakukan pengambilan tes swab, isolasi mandiri, atau dirujuk ke shelter sesuai kriteria keparahan selama menunggu hasil polymerase chain reaction (PCR).

Baca Juga :  Cek Yuk! Besaran UMP 2020 yang Menjadi Acuan Upah 2021

“Bila kondisi memburuk sebelum hasil PCR diperoleh, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit,” kata dia.

Kemudian bila hasilnya negatif, lanjut Widyastuti, pasien diinformasikan untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

“Bila kondisi memburuk, dirujuk ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan PCR atau memeriksa ulang rapid test sebanyak satu kali pada hari ke 7-10 setelah tes awal,” jelas Widyastuti.

Sumber liputan 6

  • Bagikan