Wali Kota Solo Setuju Usulan Pembangunan Patung Didi Kempot

  • Bagikan
ojo mudik

CR SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), menyetujui usulan ribuan warganet yang menghendaki pemerintah membangun patung almarhum maestro campursari, Didi Kempot. Namun, ada hal yang menurutnya perlu lebih dahulu dilakukan.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, muncul petisi online agar pemerintah membuat patung Didi Kempot di Stasiun Solo Balapan. Petisi berjudul “Dukung Pendirian Patung/Memoriabilia Didi Kempot di Stasiun Solo Balapan” dibuat oleh Hanindha Cholandha.

Berdasarkan pantaaun Solopos.com pada laman Change.org, Sabtu (9/5/2020), sudah ada 1.014 orang menandatangani petisi tersebut. Petisi dikirimkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI), Wali Kota Solo, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Monumen [Didi Kempot] lokal gampang, di Stasiun Balapan bisa, di Terminal Tirtonadi bisa. Tapi anugerah ini kan tidak lokal maksud saya. Anugerah ini harus nasional. Kami akan mengirimkan surat kepada Menteri Sosial [Mensos] agar Didi Kempot mendapatkan anugerah penghargaan. Dia musisi luar biasa, talentanya dikenal sampai kancah internasional,” kata Rudy kepada wartawan, Sabtu.

Baca Juga :  5 Arahan Presiden Mengenai Transformasi Digital

Ada alasan mengapa Rudy akan mengirim surat itu kepada Mensos. Hal itu terkait dengan sumbangan Didi kepada masyarakat saat penggalangan dana penanggulangan Covid-19 melalui konser #DiRumahSaja yang ditayangkan di Kompas TV beberapa waktu lalu.

Konser tersebut sanggup mengumpulkan duit Rp5 miliar hanya dalam tempo tiga jam. Penggalangan dana lantas diperpanjang hingga menghimpun dana Rp7,6 miliar.

Baca Juga :  2,3 Juta Data Pemilih di KPU Diretas, 200 Juta Lainnya Diancam Disebarkan

Rancangan Patung

“Saya rasa ini baru satu-satunya seniman, yaitu Mas Didi Kempot. Sebenarnya enggak perlu masyarakat membuat petisi, kami sudah memikirkan ke arah sana [membuat monument]. Kita buat rancangan dulu, karena sebenarnya dia tidak hanya bikin lagu Stasiun Balapan, ada Terminal Tirtonadi, Taman Jurug juga, nah apakah mau dibikin di mana kita pikirkan,” ungkapnya.

Rudy bakal meneruskan petisi berisi usulan pembuatan patung Didi Kempot itu untuk dibicarakan dengan tokoh-tokoh seniman dan budayawan.

“Kalau ditaruh di Stasiun Balapan, ternyata banyak yang ingin di Terminal Tirtonadi. Makanya kami bicarakan dulu dengan seniman, budayawan, dan tokoh masyarakat,” kata dia.

Sumber Solopos

  • Bagikan