Salurkan Bantuan Tanpa Kriteria, Semua Masyarakat Terdampak Pandemi Ucap Windra

  • Bagikan
bupati kph

CR KEPAHIANG — Perekonomian rakyat melemah semasa pandemi Covid-19. Sebagian kehilangan pekerjaan, kalangan petani mengalami penurunan harga . Dengan kondisi itu, Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, SP melihat semua masyarakat terdampak Covid-19 saat ini.

Pemkab mesti mengevaluasi penanganan, penanggulangan dan pencegahan covid-19 khususnya dalam pemberian Sembako. Data awal, 12 ribu KK adalah kuota yang disiapkan Pemkab untuk masyarakat terdampak.

Menurut Windra, data tersebut belum mencakup sepenuhnya. Data warga terdampak mencapai 55 ribu KK.

“Salurkanlah bantuan pangan untuk masyarakat yang terdampak covid, bukan masyarakat tidak mampu saja, siapapun yang terdampak. Masyarakat Kepahiang ini 89 persen merupakan petani, bukan pemilik lahan, akan tetapi penggarap, buruh tani,” jelas Windra dalam rapat evaluasi Gugus Tugas, Rabu (06/05/2020).

Baca Juga :  Warga Desa Imigrasi Permu menerima Bantuan Paket Sembako

Anggaran yang dialokasikan minta dimaksimalkan, termasuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bukan hanya dialokasikan dari Dana Desa (DD), berdasarkan kriteria tertentu. Dia juga meminta Pemkab mempertimbangkan memberikan BLT pada minimal 30 ribu KK di Kabupaten Kepahiang.

“Rasanya tidak ada yang salah jika anggaran yang disediakan untuk membantu masyarakat terdampak, paling tidak 30.000 KK di Kepahiang mendapatkan BLT,” jelas Windra.

Terkait bantuan, Camat Merigi Holil Bermani sebelumnya juga menyampaikan warga sudah berbondong – bondong mengantar Kartu keluarga (KK) untuk mendapatkan bantuan. Masalahnya, tak semua yang menyerahkan KK mendapatkan bantuan.
Menurutnya, seluruh masyarakat terdampak akibat Covid 19 bukan hanya orang miskin saja.

Baca Juga :  Pasien Tambahan Covid-19 Kepahiang Diduga Tertular Dari Anak

“Kita lihat Kota Bengkulu bisa membagikan Sembako ke seluruh masyarakat, saya rasa Kabupaten Kepahiang juga bisa melakukan hal yang sama untuk masyarakat Kepahiang,” demikian Holil. 

  • Bagikan
Positive SSL