Ganti Password An Sekarang. Tokopedia Kena Hack merebak, team ini mencoba menelurusinya. Hasilnya?

  • Bagikan
ada lebih 15 juta data pengguna tokopedia telah bocor di internet 225335104699265082453

CR NASIONAL — Ramai dibicarakan di hampir seluruh Media Sosial. Setelah sebelumnya informasi mengejutkan muncul diinternet. Satu postingan di Twitter mengatakan bahwa ada lebih 15 juta pengguna dari Tokopedia sudah berhasil bocor atau dijebol. Database yang didapatkan berupa data dan entry yang sangat penting seperti nama, email, password hashes dan lainnya.

Baca juga : Tokopedia dibobol hack, 15 juta data pelanggan disebar

ada lebih 15 juta data pengguna tokopedia telah bocor di internet 121183224919246368359
Ganti Password An Sekarang. Tokopedia Kena Hack merebak, team ini mencoba menelurusinya. Hasilnya? 5

Seperti kita ketahui. Tokopedia merupakan Perusahaan E-Commerce berkonsep marketplace terbesar di Indonesia dengan puluhan juta pengguna saat ini. Dengan munculnya informasi ini tentunya membuat kita khawatir akan keamanan data pengguna yang sudah bergabung untuk mendaftar terutama yang sudah bertransaksi di Tokopedia.

Baca juga : Tokopedia dibobol hack, 15 juta data pelanggan disebar

Hal ini menjadi ancaman karena sang hacker telah berhasil membobol seluruh database termasuk Password hashes yang artinya juga data kita secara lengkap sudah bisa dikantongi oleh para hacker dan keamanan data kita juga terancam.

Dimana data-data yang bocor tersebut merupakan data yang SANGAT SENSITIF. Nomor telepon bisa digunakan untuk membajak Kode OTP SMS. Tanggal lahir bisa digunakan untuk menembus pertanyaan keamanan. Jadi bagi kamu yang sudah pernah mendaftar di tokopedia dan menggunakan password yang sama di aplikasi lain seperti e-mail, FB, dll, dengan yang tersimpan di Tokopedia, harap untuk MENGGANTI PASSWORD SEKARANG.

Baca Juga :  Cara Mudah Merawat hingga Memperbanyak Tanaman Keladi
ada lebih 15 juta data pengguna tokopedia telah bocor di internet 225335104699265082453
Ganti Password An Sekarang. Tokopedia Kena Hack merebak, team ini mencoba menelurusinya. Hasilnya? 6

Ada salah satu team di indonesia mencoba melacak informasi tersebut dan hasilnya mengejutkan.

Team IDcloudhost yang melacak informasi tersebut. Perlu diketahui. IDcloudhost merupakan salah satu penyedia Hosting dan domain terbesar di Indonesia. Berikut penelusurannya seperti dikutip dari laman IDcloudhost.

Tim IDcloudhost mencoba melacak apakah informasi ini valid atau tidak dengan mencari salah satu entry yang terdapat pada postingan twitter tersebut dengan Username : Chairulfajri.

Yang benar saja, informasi yang diberikan benar adanya, bahwa akun dengan nama Chairulfajri ada di Tokopedia dengan alamat sebagai berikut : https://www.tokopedia.com/people/48533809 dan mendeteksi nomor hp yang digunakan menggunakan OVO yang ternyata benar dan valid keberadaannya.

tokopedia di hack23586284412535590236
Ganti Password An Sekarang. Tokopedia Kena Hack merebak, team ini mencoba menelurusinya. Hasilnya? 7

Adapun saran yang bisa kita berikan adalah sebagai berikut :

  1. Segera Mengganti password dengan generate password dan simpan menggunakan password manager.
  2. Aktifkan layanan Verifikasi 2 Langkah untuk login aplikasi dan website apapun untuk melindung orang lain yang mengakses akun Anda dengan diam-diam.
  3. Cek keamanan akun anda lainnya menggunakan https://haveibeenpwned.com apakah data Anda bocor atau tidak
  4. Setidaknya mempunyai DUA akun email yg berbeda yaitu akun personal dan akun buat register pada website/ Aplikasi.
Baca Juga : 

Bagi Anda pengguna kartu kredit dan bertransaksi menggunakan tokopedia juga diharapkan untuk segera melakukan antisipasi keamanan baik itu mengganti pasword, mencabut akses otomatis pembayaran di tokopedia dan lainnya, karena bisa saja Akun Kartu Kredit atau Credit Card Anda bisa masuk pada database yang menyebabkan orang tersebut mendapatkan kunci akses untuk menggunakan kartu kredit Anda.

Kebocoran data ini merupakan masalah yang sangat serius, kita tidak ingin data-data penting terkait akun Anda disalahgunakan oleh orang lain dan semoga Tokopedia segera melakukan antisipasi dengan sangat cepat untuk mengatasi masalah ini. Yuk komentar di bawah mengenai pendapat Anda tentang kejadian ini!

  • Bagikan
Positive SSL