Zakat Fitrah Terendah Rp 29 Ribu, Kategori Sedang Rp 33 Ribu di KEPAHIANG

  • Bagikan
Featured Images 2019 05 31T104745.150

CR KEPAHIANG – kesepakatan antara Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dua ormas Islam yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Hasil kesepakatan telah dituangkan dalam surat edaran bersama nomor B-864/Kk.07.08.05/BA.00/4/2020 tentang besaran zakat fitrah tahun 1441 H/2020 M apabila diganti dengan uang di Kabupaten Kepahiang.

Dalam surat edaran, nilai zakat fitrah terendah adalah Rp 29 ribu per jiwa, dan untuk kategori sedang adalah Rp 33 Ribu per jiwa.

Baca Juga :  Jalin silaturahmi, Kapolres Kepahiang Undang Awak Media Dan LSM

Nilai tertinggi boleh berapapun karena tidak ditentukan dalam kesepakatan tersebut. Ini menyesuaikan dengan konsumsi beras yang biasa digunakan oleh suatu keluarga.

Dalam surat edaran dijelaskan, berdasarkan ijtihad empat mazhab mereka sepakat bahwa secara umum zakat fitrah adalah 2,75 kg bahan makanan pokok yang dikonsumsi dalam suatu wilayah.

Baca Juga :  Niat dan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai Hadist

Namun, karena perkembangan zaman, terkadang masyarakat kurang mampu lebih membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan.

  • Bagikan
Positive SSL