Niat dan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai Hadist

  • Bagikan
puasa
mhab4hhtdkhrchjgjrtg
Niat dan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai Hadist 5

cakrawala rafflesiapuasa Ramadhan tahun 2020 hanya tinggal menghitung hari. Ibadah wajib umat islam ini selalu dinanti kedatangannya.

Puasa sendiri adalah ibadah yang dalam syariat Islam diartikan dengan menahan diri dari berbagai hal yang bisa membatalkannya, disertai dengan niat. Adapun waktu puasa adalah dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Perintah untuk menjalankan puasa diterangkan dalam firman Allah SWT pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَArtinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.Lalu bagaimana niat dan bacaan doa buka puasa Ramadhan yang benar sesuai hadis shahih? Berikut informasi selengkapnya.

Niat Puasa Ramadhan

fc2wlz8nbuxa07ty63fm.jpg
Ilustrasi baca niat puasa ramadhan Foto: Shutterstock

Niat puasa haruslah dilakukan sebelum terbit fajar atau pada malam hari sebelum memulai puasa. Niat puasa sendiri dikatakan dalam hadis shahih adalah tidak perlu dilafazkan, melainkan hanya perlu berniat dalam hati.

Baca Juga :  Gojek Akuisisi Moka Rp 2 Triliun

Akan tetapi umumnya kita melafazkan niat puasa ramadhan sebagaimana disepakati oleh para ulama. Berikut niat puasa ramadhan yang umum dilafazkan:نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى“Nawaitu shauma ghodin ‘an adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala”. Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”Beberapa pendapat juga mengatakan niat puasa ramadhan hanya perlu dilakukan satu kali untuk sebulan berpuasa dan ada pula yang berpendapat harus dilakukan setiap hari. Akan tetapi, pada dasarnya waktu dari berniat tersebut adalah sama yaitu sebelum terbit fajar atau malam hari.

Baca Juga :  Bacaan Tata Cara Niat Doa Sholat 5 Waktu Lengkap Dan Artinya
gbpxqi9lskygkisggdhs.jpg
Warga keturunan Tionghoa menyiapkan menu untuk berbuka puasa di Wihara Dharma Bakti, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Doa Buka Puasa

Doa berbuka puasa mungkin banyak yang berbeda di kalangan masyarakat. Berbagai doa buka puasa tersebut, ada yang dirumuskan oleh para ulama hingga diriwayatkan dalam hadis shahih.

Sumber Kumparan

  • Bagikan
Positive SSL